Search Suggest

BFI FINANCE

 



PENGALAMAN MT BFI FINANCE INDONESIA, Tbk AND GAJI MT OPERASIONAL

 

Lanjutan dari postingan sebelumnya ya..

 

Nah kalau ditulisan sebelumnya aku bahas soal proses recruitmetnya seperti apa, sekarang ak mau bahaslebih detail soal training dan salary aja ya.

 

Wait, sebelum baca lebih lanjut, perlu aku tegasin kalau tulisan ini aku buat berdasar pengalaman pribadi dan tidak ada maksud atau niat untuk menyinggung pihak manapun, Cuma pingin kasih pencerahan aja buat para job seeker yang lagi galau biar dapat gambaran MT BFI itu seperti apa.

 

Sebenarnya hampir sama dengan proses MT di perusahaan lainnya, lulusan MT pasti akan langsung dapat posisi or setara supervisor dan pasti bakal siap di tempatkan di SELURUH INDONESIA, nggak mandang lu cowok or cewek. MT di BFI ada beberapa posisi ya, ada MT Operasional, MT Credit Analiyst, MT Marketing, MT HC, MT Machine (Ini lupa namanya apa. Kebetulan aku MT Operasional, jadi ak akan bahas lebih detail ke Operasional. Tapi untuk semua tahapannya sama kok, Cuma beda waktunya aja. Biasanya Training MT Operasional jauh lebih lama.

 

Nah proses training MT BFI Finance ada beberapa tahapan ya ( MT tahun 2014)  :

1.       Pre In Class Training

2.       In Class Training ( Ini dibagi 2 tahapan ya, tahap general and spesialisasi)

3.       On The Job Training

4.       Penempatan (Langsung jadi Kartap)

 

Mari kita kupas satu persatu ya :

1.      Pre In Class Training

 

Setelah lolos medical dan kita dinyatakan lolos proses seleksi, proses selanjutnya adalah Pre In Class Training. Ini  semacam observasi di cabang BFI terdekat, aku saranin sih pilih yang paling dekat rumah aja yaa guys. Karena pas masa observasi kamu belum dapat tunjangan kos. Di Pre ICT ini, kamu akan diberikan waktu kurang lebih 1 – 2 minggu untuk observasi di setiap unit yang ada di BFI. Sedikit gambaran aja, di BFI ada4 unit ya yaitu unit Operasional, unit Marketing, unit Collection and Unit Credit. Selama 2 minggu kamu akan rolling dari satu unit ke unit yang lain, tapi biasanya akan lebih lama di unit yang berhubungan dengan spesialisasi yang kamu ambil. Nggak Cuma observasi ya, tapi kamu akan dapat modul yang harus kamu isi yang akan jadi penilaian kamu bisa lanjut apa enggak.

 

2.       In Class Training

 

Nah kalau kamu udah lolos tahap awal yaitu Pre ICT, kamu akan masuk ke tahap ICT. Tahap ICT ini berlangsung di Wisma BFI (BSD City) yang akan dibagi 2 tahap yaitu tahap general dan spesialisasi. Tahap general ini biasanya terdiri dari 30 – 40 orang, mau spesialisasi apapun kamu akan masuk ke tahap general ini. Tahap ini berlangsung kurang lebih satu bulan, everyday akan ada pre test and post test. Hasil atau nilai kalian akan di pasang di depan kelas and dikirim ke cabang pengirim or cabang recruitment. Balik lagi lah kaya masa kuliah dulu guys, tiada hari tanpa buku. Tahap geeral diakhiri dengan ujian tertulis and ujian komprehensif (biasanya sih presentasi, bahannya bebas sesuai dg spesialisasi kamu). Kalau dulu ak sekelas sekitar 48 orang dan yang nggak lulus ada 2 atau 3 orang.

 

Kalau kamu udah lulus tahap general, kamu akan masuk ke tahap spesialisasi. Di tahap ini udah mulai dibagi2 sesuai spesialisasi yang kamu ambil. Lama atau enggaknya juga tergantung spesialisasi yang kamu ambil. Biasanya sih yang paling cepet kelar trainingnya, anak2 marketing dan yang jadi penghuni terakhir selalu anak2 operasional (maklum setiap hari makanannya SK dan Policy yang tebel2).

 

Ujiannya sama kaya tahap general, yaitu ujian tertulis and kompre. Tapi pengujinya lebih banyak and probabilitas nggak lulusnya juga lebih besar daripada tahap general. Di tahap ini dari 11 orang ada yang nggak lulus 3 atau 4 orang.

3.       On The Job Training

 

After berbulan-bulan yang hanya berkutat dengan buku di kelas, ditahap ini kamu akan belajar dicabang. Kalau sebelumnya udah kenyang dengan teori2, ini saatnya kamu belajar real lifenya ya. Cabang OJT juga udah ditentuin, bisa jadi cabang penempatanmu tapi bisa juga beda dengan cabang penempatan. Kalau boleh milih sih maunya OJT yang jauh2, tapi penempatan di deket rumah, uhh sayang itu hanya ekspetasi.  OJT kurang lebih 3 bulan lah ya, singkat banget.

 

Jadi kalau ditotal masa training dari Pre ICT sampe penempatan itu : 2 minggu + 1 bulan + 2 bulan + 3 bulan.

 

Kalau sekarang sih kayaya ada tambahan masa probabtion 6  bulan ya guys, jd 6 blan training  +  6 bulan percobaan baru di angkat jadi Kartap.

 

Nah sekarang bahas SALARY ya ......

 

Dari training smpe OJT kamu Cuma dapat uang saku -/+  Rp 3.000.000 (Ini tahun 2014 ya, kalau sekarang mungkin udah lebih).

 

Kalau kamu udah penempatan, kamu dapet beberapa tunjangan tambahan yang sesuai grade kamu. Lulus MT sih biasanya grade 11 (kalau belum berubah).

 

Gapok kurang lebih Rp 3.500.000 , tiap awal tahun bakal naik kok. Sesuai sama inflasi and profit cabang tentunya. 

 

Tunjangan Transport Rp 350.000;

 

Tunjangan Jabatan (Ini hanya untuk jabatan fungsional ya, misal kepala cabang, kepala operasional dan ini sesuai dengan grade kamu berapa. Minimal grade 11, kamu udah dapat tunjangan jabatan. 

 

https://2.bp.blogspot.com/--n-a7Ajs8Js/WdB34Oa5IeI/AAAAAAAADqU/oFasMUTtJ7I1cwISXtMSOPKS_kkRwe34QCLcBGAs/s1600/tunjangan%2Bjabatan.GIF

 

 













Subsidi penempatan, biasanya dihitung dari jarak homebase ke lokasi penempatan. Kalau nggak salah >100 km baru dapet jatah. Tapi kalau kamu dr jawa and d tempatin di jawa ya tetep dihitung jarak dekat.

https://2.bp.blogspot.com/-5WOK_Jc02Rc/WdB8EQyTL3I/AAAAAAAADqg/vMDZFhi5h3UNBqS5pveKQiUqd03L8P_NQCLcBGAs/s1600/penempatan.GIF









Subsidi Biaya pulang Homebase, ini juga tergantung kamu jarak pendek apa jauh ya.

https://2.bp.blogspot.com/-7H59iVcN0EU/WdB84F-LmtI/AAAAAAAADqo/806YZrmxACI14mE8f62vKVnJXeoYASyzACLcBGAs/s320/PULANG%2BHOMEBASE.GIF






Subsidi Perumahan

Subsidi perumahan biasanya tegantung kamu grade berapa, ditempatkan didaerah mana and udah nikah atau belum.

Kalau kamu grade 11 : Rp 600.000; - Rp 650.000;
Kalau kamu grade 12 : Rp 750.000; - Rp 850.000;

Tunjangan Komunikasi , hanya untuk jabatan tertentu ya. Biasanya Rp 100.000; - Rp 150.000;

Jadi kisaran salary yang aku dapet kurang lebih ini ( Grade 11, MT Operasional)

Rp 3.500.000 +  Rp 200.000 + Rp Rp 250.000 + Rp 650.000 + Rp 100.000 : Rp 4.700.000

Kurang lebih sih segitu ya, biasanya gapok udah include sama tunjangan transport. Kalau di head office hitungannya beda lagi ya...

 


Post a Comment