Search Suggest

kerja di PT. J.Co Donuts & Coffee




Hai, Jobseeker! Di blog saya kali ini, saya akan berbagi pengalaman saya mengikuti seleksi kerja di PT. J.Co Donuts & Coffee. Siapa sih, yang belum mengenal J.Co? Cafe yang khusus menjual donat, pastry, minuman kopi, dan yoghurt ini telah memiliki banyak cabang di Indonesia hingga ke beberapa negara Asia lainnya. Perusahaan ini adalah milik seorang pengusaha franchise ternama di Indonesia, yaitu Johnny Andrean. Selain J.Co, beliau juga memiliki tiga perusahaan besar lainnya yaitu Johnny Andrean Salon, BreadTalk, dan Roppan.

Pernah kah Anda berkunjung ke J.Co atau nongkrong disana? Atau tiba-tiba ingin menjadi bagian dari keluarga besar Johnny Andrean? Berikut adalah tahap seleksi kerja di PT. J.Co Donuts & Coffee menurut pengalaman saya sekitar tahun 2016 lalu.

1. Syarat dan ketentuan

Sebelum melamar pekerjaan di perusahaan ini. Kenali dulu syarat dan ketentuannya sebagai berikut :

1. Pria/Wanita berpenampilan menarik.

2. Usia maksimal 24 tahun.

3. Belum menikah.

5. Pendidikan minimal SMU/SMK (sederajat), D1

6. Tinggi badan Pria minimal 165 cm & Wanita minimal 160 cm.

7. Bersedia bekerja secara shift, pada tanggal merah, dan weekend.

8. Mampu bekerja dengan tim.

Berpenampilan menarik disini bukan berarti harus berparas cantik dan tampan. Hal tersebut adalah hal yang relatif. Namun berpenampilan lah yang sopan, formal, grooming sesuai standart, dan tidak bau badan dan bau mulut.

2. Siapkan berkas-berkas yang diperlukan

Sebelum melamar pekerjaan, tentu kita harus menyiapkan berkas-berkas yang diperlukan. Kurang lebih sebagai berikut :

1. Surat lamaran.

2. Daftar riwayat hidup.

3. Photocopy KTP.

4. Photocopy SKCK yang masih berlaku.

5. Photocopy Ijazah terakhir.

6. Pas foto 4×6 (2 lembar).

Jangan lupa untuk membawa alat tulis. Jika Anda melamar disaat tidak ada info lowongan, maka kemungkinan Anda hanya diminta untuk menaruh lamaran dan menunggu panggilan. Tapi, jika Anda melamar disaat ada info lowongan, maka Anda akan langsung mengikuti tes tulisnya. Ada baiknya untuk selalu membawa alat tulis ketika hendak melamar pekerjaan.

3. Tes tulis

Tes tulisnya hanya berupa soal matematika saja. Kurang lebih 10-15 soal matematika campuran. Soal-soalnya meliputi pertambahan, pengurangan, pembagian, perkalian, hingga soal cerita. Dibatasi waktu kurang lebih 10 menit saja untuk menjawab soal-soalnya.

4. Ukur tinggi badan

Sesuai dengan persyaratannya, tinggi badan Pria minimal 165 cm sedangkan Wanita minimal 160 cm. Setelah Anda lolos dalam ujian tulisnya, lalu Anda akan dibawa untuk ukur tinggi badan. Jika tinggi badan Anda sesuai dengan kriteria tersebut, maka Anda dapat mengikuti seleksi berikutnya.

5. Interview

Tahap seleksi berikutnya adalah tahap interview. Anda akan berhadapan langsung dengan HRD, Store Manager, atau Area Manager untuk di-interview. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan beragam dan berbeda tiap orangnya, tergantung dengan siapa Anda berhadapan.

Jika menurut pengalaman saya, pertanyaan yang diajukan tidak jauh dari pertanyaan-pertanyaan yang biasa diajukan ketika melamar pekerjaan dimana saja. Pentingnya, mereka akan menanyai keseriusan dan kesediaan Anda untuk ditempatkan di mana saja dan kesiapan Anda untuk bekerja (jika) di bidang yang berbeda dengan pekerjaan Anda sebelumnya.

Selain itu, mereka juga akan menjelaskan fasilitas dan peraturan di perusahaan tersebut pada Anda. Seperti biaya tunjangan luar kota, uang makan, gaji pokok yaitu UMK sesuai dengan di kota mana Anda ditempatkan, kontrak karyawan, hingga jenjang karir.

6. Trial

Setelah mengikuti tahap interview, selanjutnya adalah Anda tinggal menunggu panggilan untuk trial selama dua hari. Trial ini adalah terjun ke lapangan. Anda akan ditempatkan sementara di salah satu outlet J.Co untuk trial. Trial ini digunakan untuk memastikan keseriusan dan kerajinan Anda dalam bekerja.

Dalam tahap ini, Anda belum diperbolehkan untuk berkecimplung langsung dalam pekerjaan intinya. Jadi, gunakan waktu trial untuk membantu para karyawan dalam hal kebersihan, pelayanan pada customer, dan kesibukan karyawan lainnya yang setidaknya membutuhkan bantuan.

7. Training

Setelah Anda menjalani trial selama dua hari. Anda akan beristirahat sejenak sambil menunggu panggilan untuk training. Untuk maju ke tahap ini, Anda tidak boleh bermalas-malasan saat trial ya. Karena kinerja Anda dinilai dari sana. Di tahap training, Anda akan mulai diberi banyak ilmu mengenai perusahaan dan jobdesc Anda selama kurang lebih satu minggu. Selain itu, Anda juga akan langsung praktek bekerja. Jangan tegang, cukup dengan rajin, disiplin, aktif, dan memiliki inisiatif saat bekerja, maka Anda akan mendapat penilaian yang cukup bagus dari atasan.

8. Tanda tangan kontrak

Jika selama masa trainig kinerja Anda dinilai cukup baik, maka selamat! Anda berhasil bergabung di perusahaan ini! Posisi Anda nantinya adalah sebagai Front Liner, atau Barista. Untuk Baker atau Stocker biasanya ada kriteria tersendiri. Anda akan dijelaskan mengenai kontrak kerja, penempatan, dan perjanjian kerja. Anda akan dikontrak selama satu tahun, namun jika kinerja Anda sangat bagus selama kontrak kerja tersebut maka peluang Anda untuk naik ke jenjang karir berikutnya akan terbuka.

Demikian pengalaman seleksi kerja saya di PT. J.Co Donuts & Coffee. Jika ada perbedaan, kekurangan, dan penambahan saat ini, saya mohon maaf karena saya hanya berbagi pengalaman saya saja. Setidaknya, info saya di atas dapat membantu Anda untuk prepare lebih baik sebelum melamar pekerjaan di perusahaan ini.

 


Post a Comment