Search Suggest

mengikuti tes di PT. Kawan Lama Sejahtera

 



PENGALAMAN SELEKSI PT. KAWAN LAMA SEJAHTERA

Assalamualaikum wr.wb, jadi feed kali ini merupakan salah satu janji yang aku buat dengan diriku sendiri jika bisa lolos di PT. Kawan Lama Sejahtera. Dan ini merupakan satu dari sekian baaaanyaaak perusahaan yang pernah aku coba. Singkatnya aku akan cerita pengalaman aku mengikuti tes MT nya (Management Trainee) dan Walk in Test as General Affair.

 

MANAGEMENT TRAINEE KAWAN LAMA GROUP

 

Buat kalian yang belum tau apa itu PT. Kawan Lama Sejahtera dan perusahaan apa saja yang dinaunginya, you should check this link First www.kawanlama.com

1.    

      Seleksi Berkas

Sekitar Bulan Februari 2018 aku apply by email (kalo gak salah) untuk ikut seleksi program MT di perusahaan tersebut seperti CV, Cover Letter, Transkrip dan berkas-berkas penting lainnya

 

2.    Psikotest Awal

Tanggal 19 Februari akhirnya aku ikut Psikotest awal di Gedung Kawan Lama Jl. Juanda dan make sure kalo kalian datang on time, karena tesnya dibikin per sesi. Dan aku termasuk di kloter pertama beserta kurang lebih 70 orang lainnya. Psikotest awal ini berisi sekitar 50 soal dengan waktu yang sangat singkat dan dengan berbagai tipe soal, numerik, bangun ruang, dll. Karena waktunya sangat terbatas dan gak mungkin keisi semua, jadi pastikan kalian mengerjakan soal yang kalian rasa mudah dan tidak terpaku di satu soal saja. Nah karena aku mempunyai kemampuan spasial yang buruk, jadi soal sejenis bayangan bangun dan arah mata angin selalu aku hindari.

 

Setelah waktu habis dan lembar jawaban dikumpulkan, semua peserta diharuskan memperkenalkan diri di depan HRD secara singkat, karena ini perusahaan retail usahakan kalian berpakaian rapi dan dandan secukupnya. Saat perkenalan aku pake bahasa inggris, kenapa ? Karena bahasa inggris salah satu penilaian yang diutamakan di MT Kawan Lama ini. 10 menit kemudian hasil tes keluar dan hanya sekitar 25 orang yang lolos di tahapan selanjutnya, gak ada setengahnya :D. Begitupun dengan kloter selanjutnya

 

3.    Psikotes Lengkap dan Interview

Sekitar tanggal 26 Februari 2018 di gedung yang sama seluruh peserta yang lolos tahap 1 mengikuti Psikotest lengkap dan interview. Diawali dengan Company profil by HRD Head Office dan disitu benar2 dijelaskan seperti apa program MT, Biaya penalti sampai jumlah uang saku yang didapat (gaji segede itu mereka bilang uang saku :D). Btw, tes hari ini dimulai pagi sampe habis magrib karena tesnya sangat banyak, seperti Form data pelamar, TPA Lengkap hampir seribu soal, kelebihan dan kekurangan, rencana 5 tahun ke depan dan lagi lagi I wrote the description about myself in english, eventhough I am really bad at Grammar but yeah thats all I could do.

 

Surprisingly, di tengah-tengah fokus ngerjain psikotes, kita diminta untuk presentasi mengenai diri kita di depan semua peserta and again using english (wajib). Wagelaseehhh hampir semua peserta gak persiapan apa-apa, termasuk aku dan jadi ngeblank tiba-tiba. But untungnya setelah wisuda aku mengikuti beberapa program di kampung inggris Pare yang salah satunya Job Interview dan Speaking. Believe me that was really helpfull improving your skill to speak in front of people, especially HRD. And I really recomend it for you. Usahakan apa yang kalian sampaikan “sedikit menjual” it means bisa meyakinkan pihak HRD Kalau kalian layak ada di program MT. Setelah tes selesai kita mendapat jadwal interview untuk keesokan harinya.

 

4.    Interview

Jadi setelah Company profil kemarin ada 1 kalimat yang diutarakan Bapak HRD yaitu “Jika kalian tidak sedang mengejar karir yang tinggi, maka keputusan kalian untuk berada di sini salah besar”. Dan dengan sangat matang aku tidak mengikuti tahapan interview dan bahkan aku mundur di beberapa tes MT lainnya yang saat itu masih on going karena alasan pribadi, bukan karena perusahaannya ya.

 

Next aku akan cerita bagaimana proses seleksi non MT PT. Kawan Lama Sejahtera sehingga bisa lolos sebagai General Affair. Kenapa Kawan Lama lagi ? karena sejak Company profil di MT kemarin aku sangat tertarik dengan perusahaan retail yang menurutku bonafit dan yaaah kalian akan tau sendiri nanti kalo sudah jadi karyawan disini wkwk. Buat temen-temen yang ingin mengejar karir yang tinggi MT Kawan Lama boleh menjadi salah satu prioritas yang dicoba (Trust me)

 

WALK IN INTERVIEW KAWAN LAMA SEJAHTERA (ACE HARDWARE DAN INFORMA)

 

Jadi Sekitar tanggal 4 Mei 2018 diadakan walk in interview dengan beberapa posisi (sekitar 20 maybe) seperti Spv, HRD, Sales, CS, Installer, GA, dll. Mungkin aku disini akan cerita lebih detail tentang GA yess karena lebih related dengan pengalamanku. Dan aku baru tau setelah masuk bahwa GA atau General Affair sama dengan sekretaris manager so thats why hanya ada 1 GA dalam setiap store.

1.   

      Psikotest

Psikotest awal sistemnya sama dengan psikotes MT, soalnya pun sama persis. Dan juga selanjutnya ada perkenalan di depan HRD, pas disini aku pake bahasa Indonesia yaa karena ya ini bukan MT gitu loh wkwk. Sekitar 15 menit diumumin siapa saja yang lolos dan mengikuti interview HRD Di hari yang sama.

 

2.   Interview HRD

Sebelum interview semua peserta yang lolos wajib mengisi form data pelamar lengkap yang sudah disediakan oleh pihak perusahaan, dan ternyata form nya pun sama seperti pas aku tes MT kemarin. Oh ya kita diperbolehkan memilih maksimal 3 posisi yang diinginkan, saat itu aku pilih Customer Service dan General Affair. Inti dari interview ini adalah mengapa kalian layak di posisi tersebut, yang pasti berikan alasan yang rasional dan meyakinkan tentang posisi yang kalian lamar. Interview ini gak beda jauh kok sama interview HRD di perusahaan lain.

 

3.    Interview User

Sekitar tanggal 6 Mei aku mendapat panggilan untuk mengikuti tes lanjutan tanggal 8 Mei.

Interview user ini aku juga bingung dinilai dari apa karena lebih singkat banget dan pertanyaannya pun basic seputar jobdesk posisi yang kita ambil. Terus aku mikir apa yang aku sampaikan ke pihak user kurang meyakinkan, jadilah aku punya inisiatif untuk menjelaskan tanpa perlu ditanya. Maksudnya aku lebih aktif menjelaskan mengenai apa yang mampu aku berikan ke perusahaan ini dan seperti apa cara kerjaku, dan ternyata justru dengan cara seperti itu pihak user merespons positif dan akhirnya beliau jadi lebih aktif bertanya.

 

4.    Interview User Greater Jakarta

Tanggal 14 Mei aku mendapat sms yang intinya agar HP tetap on karena akan ada interview lanjutan lagi. Aku mikir Interview User kemarin merupakan tahap akhir, karena ada beberapa temanku setelah Interview HRD Langsung Finalisasi (Kan syedihh aku L ), tapi justru aku masih harus interview lagi. Jadi interview user itu kita di telp oleh pihak pusat atau Jakarta, dan oon nya pas di telp aku lagi di salah satu kafe efeknya gak terlalu kedengaran suara bapaknya.

 

Pertanyaannya seputar apa jobdesk posisi nanti, dan karena feeling aku akan di posisi GA jadi ya aku jelaskan pengetahuan aku di bidang ini. FYI Sampe di tahap ini pun aku gak tahu apakah nantinya aku sebagai CS atau GA, aku pun tidak terlalu berharap lolos di posisi GA karena mereka mengutamakan yang berpengalaman dan memang GA saingannya banyak. Malamnya aku di telp oleh HRD yang intinya lolos dan ditawari untuk jadi GA. Serius aku langsung bilang iyaa, ya secara aku gak nyangka dipilih jadi GA Kawan Lama, bahkan CS pun aku juga tetep ambil. Dan beliau juga bilang bahwa aku diposisikan sebagai GA Informa.

 

5.    Finalisasi dan TTD Kontrak

Tanggal 15 Mei aku diwajibkan mengurus semua berkas pendukung seperti NPWP, Rek. BCA, SKCK, Surat sehat, dll. Dan karena aku kepo jadi aku tanya ke pihak HRD yang intinya mengapa proses saya lebih panjang daripada teman-teman lain yang bahkan hanya sampai di Interview User. Beliau pun menjawab “ya karena mbak bintan ketrima sebagai sekretaris manager, otomatis pihak manager harus klik dengan mbak bintan”.

 

Jadi itu tadi sedikit pengalaman saya mengikuti tes di PT. Kawan Lama Sejahtera, semoga bisa bermanfaat untuk teman-teman dan jika ingin bertanya atau memberi masukan jangan sungkan tulis di kolom komentar. Terimakasih.

 

“Your Dream Job May Not Be Your First Job, but thats Okay. And don’t let anyone rush you with their timelines because everyone is running on their own time. You’re not late or Not Early”

 


Post a Comment