Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengalaman Melamar Kerja Online di Perusahaan


Pengalaman Melamar Kerja Online di Perusahaan - Karena perkembangan pesat dari internet, diperkirakan bahwa sekitar 70% dari para pencari kerja saat ini menggunakan web untuk mencari pekerjaan. Selain itu, karena informasi yang tersedia yang luas dan kemudahan akses yang menawarkan internet, berburu pekerjaan online diharapkan untuk menjadi lebih luas.

Faktanya Anda membaca ini, berarti Anda harus mempertimbangkan melamar untuk posisi baru melalui internet. Meskipun jelas lebih cepat dan lebih mudah daripada standar "offline" metode aplikasi, ada beberapa petunjuk yang masih perlu diikuti. Sebagai contoh, banyak mempekerjakan manajer mengeluh tentang kesalahan ejaan dan tata bahasa pada surat lamaran dan resume yang diterima melalui Internet, dan juga para pencari kerja mengajukan kembali permohonan untuk posisi yang sama berkali-kali.

Di bawah ini Anda akan menemukan panduan sederhana, disatukan dengan bantuan Hiring HR manajer dan profesional, untuk membantu Anda mencapai yang paling sukses melamar pekerjaan melalui internet.

Sertakan surat lamaran

Jangan lupa untuk mengucap salam.

Seorang manajer HRD biasanya harus melihat banyak resume untuk setiap posisi yang diiklankan, karena itu menulis singkat dan tepat surat lamaran yang menyoroti keahlian Anda kemungkinan akan mendapatkan perhatian lebih lanjut. Seperti aplikasi offline, jangan lupa untuk mengikutsertakan salam seperti "Yth Bpk/Ibu” atau “Dear Sir / Madam" dan penutup seperti "Hormat kami". juga secara menyeluruh memeriksa ejaan dan tata bahasa.

Resume adalah kesan pertama.

Meskipun hal ini mungkin terdengar jelas, dan sedikit sekali orang yang akan melamar pekerjaan "off-line" dengan keluar termasuk resume, itu menakjubkan kemudian jumlah orang yang melakukannya ketika menerapkan "on-line". Persis sama berlaku untuk buruk resume tertulis atau tidak lengkap – mayoritas tidak akan pernah bisa melewati tombol hapus!

Karena sifat internet, Anda tidak pernah bisa menjamin apa yang Anda kirimkan akan dilihat sebagai yang Anda inginkan – setiap orang memiliki pengaturan yang berbeda dan banyak perusahaan memiliki kebijakan yang membuat semua komunikasi internet sebagai teks biasa. Oleh karena itu selalu menggunakan tata letak yang sangat sederhana, tanpa atau sesedikit mungkin format. Tetap cukup singkat (tidak lebih dari dua halaman), yang jelas dan tepat. Dan seperti surat pengantar, selalu periksa ejaan dan tata bahasa yang sangat hati-hati sebelum pengiriman.

Resume dalam bahasa Inggris dan Indonesia

Secara umum, resume Anda akan ditinjau oleh sekurang-kurangnya dua departemen yang berbeda dalam perusahaan yang Anda lamar ke: departemen Sumber Daya Manusia dan manajer departemen yang benar-benar menyewa. Selain itu hampir semua posisi yang terdaftar di situs lowongan kerja mengharuskan memakai bahasa Indonesia dan kemampuan bahasa Inggris, sehingga Anda bisa berharap ada untuk menjadi pembicara asli Indonesia dan bahasa Inggris terlibat dalam proses perekrutan. Dengan menyediakan resume Anda dalam dua bahasa, Anda akan memastikan bahwa semua orang yang terlibat dapat sepenuhnya memahami keterampilan dan pengalaman Anda.

Terapkan sekali, dan hanya sekali

Sekali Anda telah melamar  pada posisi yang Anda minati, umumnya tidak perlu mengirim ulang resume Anda. Jika ada posisi lain di perusahaan yang sama yang Anda minati, itu mungkin cocok mengirim ulang resume Anda, namun yang berlaku untuk perusahaan yang sama berulang kali (baik untuk posisi yang sama atau berbeda posisi) tidak menampilkan kesan yang baik anda ke mempekerjakan manajer, dan dapat benar-benar memiliki efek berlawanan dan mengakibatkan semua aplikasi anda diabaikan.

Lamarlah posisi yang sesuai untuk Anda

Karena cepat dan mudah proses aplikasi pekerjaan  online sekarang, itu mungkin tergoda untuk melamar posisi sebanyak mungkin dengan harapan bahwa sekali dayung dua pulau terlampau. Walaupun hal ini mungkin tampak masuk akal, harus diingat bahwa pada umumnya semua aplikasi untuk sebuah perusahaan pergi ke satu orang, yang kemudian mendistribusikan resume Anda ke orang yang tepat. Dengan menerapkan dan tidak cocok untuk beberapa posisi, hasil yang paling mungkin adalah bahwa perekrut / HR dept. akan menganggap Anda tidak serius dan dimasukkan ke dalam "daftar hitam" mereka, karena itu mengabaikan resume Anda bahkan jika Anda kemudian mengajukan permohonan untuk posisi yang Anda anggap paling cocok.

Periksa ulang semua berkas lamaran

Seperti disebutkan sebelumnya, selalu periksa surat lamaran Anda dan melanjutkan untuk kesalahan ejaan dan tata bahasa. Pastikan keahlian dan pengalaman sesuai dengan persyaratan pekerjaan dan juga bahwa Anda telah memasukkan nama Anda dan rincian kontak di mana mereka dapat dengan mudah dilihat.

Dan akhirnya ….

Sementara mengikuti saran di atas tidak dapat menjamin kesuksesan Anda, harus jelas memastikan anda akan dipertimbangkan oleh perusahaan yang Anda terapkan. Harap juga diingat bahwa semua aplikasi langsung ke perusahaan dan setiap pertanyaan atau pertanyaan tentang posisi yang terdaftar di situs lowongan kerja harus diarahkan kepada perusahaan yang bersangkutan, melalui kontak di bagian bawah setiap deskripsi pekerjaan.

 

 

Post a Comment for "Pengalaman Melamar Kerja Online di Perusahaan"