Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengalaman Seleksi FHCI BUMN Bank Mandiri dan Informasi Gaji


 

Pengalaman Seleksi FHCI BUMN Bank Mandiri dan Informasi Gaji - Proses atau tahapan seleksi Rekrutmen Bersama BUMN 2022 telah berlangsung, dan beberapa mungkin baru saja menyelesaikan tes tertulis yang diadakan di masing-masing BUMN. Nah, selanjutnya yang harus dihadapi adalah interview. Maka berikut disajikan tips lolos interview TKBwawancaraMCU BUMN 2022.

Proses ini sendiri sebenarnya sudah dimulai secara bertahap sejak tanggal 12 Juni 2022 lalu, dan akan berlangsung hingga tanggal 25 Juni 2022 mendatang. Nah untuk tips lolos tahap ini sendiri, bisa Anda simak pada poin berikut.

 

FHCI

Jadi, Program Rekrut Bersama FHCI BUMN adalah salah satu bentuk partisipasi Kementerian BUMN dalam upaya pengurangan tingkat pengangguran di Indonesia. Program ini baru diselenggarakan pertama kali pada tanggal 3 Maret 2019 dalam rangka HUT Kementerian BUMN yang ke 21. Kabarnya, Program Rekrut Bersama ini membuka lowongan kerja sebanyak 1.100 lowongan di 110 perusahaan BUMN yang diperuntukkan lulusan SMA sampai lulusan S2. Adapun pendaftar dari program tersebut dibagi menjadi 3 kategori yaitu Pendaftar Umum atau Reguler, Pendaftar Disabilitas, dan Pendaftar KTI atau Khusus Wilayah Timur Indonesia.

Syarat

Sebelum mendaftar pastikan Anda telah membaca seluruh ketentuan umum, tata cara melamar dan jadwal kegiatan rekrutmen dan seleksi di situs web ini.

1

Warga Negara Indonesia

2

Usia maksimal per 25 April 2022 mengikuti jenjang pendidikan sebagai berikut:

  • Diploma I/II/III : 27 tahun;
  • S1/Diploma IV : 30 tahun;
  • S2 : 35 tahun;
3

IPK minimal 2,75 untuk lulusan perguruan tinggi

4

Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia.

5

Sehat jasmani, rohani dan bebas narkoba.

6

Dokumen SKCK dari Kepolisian (Jika Ada).

7

Sertifikasi pelatihan yang sesuai dengan kompetensi dan rekomendasi pengalaman kerja apabila ada.

8

Rekomendasi Komunitas (berprestasi di Bidang Olahraga/Seni/Digital Creator/Start Up) apabila ada.

Cara Pendaftaran

1.      Membaca seluruh informasi ketentuan dan persyaratan yang berada di situs web ini.

2.      Menekan tombol register yang ada pada pojok kanan atas halaman depan. Kemudian, pelamar melakukan aktivasi akun yang
kami kirimkan ke email (inbox/spam/all mail).

3.      Pelamar wajib melengkapi CV dan dokumen persyaratan pada menu Daftar Riwayat Hidup

4.      Pelamar dapat melihat lowongan yang tersedia pada menu Lowongan. Peserta hanya dapat melamar maksimal 3 posisi di BUMN
yang berbeda.

5.      Pelamar dapat memantau proses lamaran, detail jadwal, dan pengumuman pada halaman Lamaran Saya atau email resmi
yang kami kirimkan.

Daftar BUMN

 

Tahapan

Untuk Bank Mandiri tesnya cukup panjang dan ketat.

Tes Administratif

Ini adalah tahapan paling awal dari program perekrutan tersebut. Disini calon pendaftar akan diminta untuk membuat akun pendaftaran di web FHCI dan diarahkan untuk melengkapi dokumen beserta data diri yang dibutuhkan.

Adapun berkas yang perlu dipersiapkan, antara lain:

1. Scan Ijazah dan SKHUN untuk lulusan SLTA. Scan Transkip Nilai untuk lulusan Diploma, S1, S2.

2. Scan SKCK dari Polres yang masih berlaku

3. Scan Surat Keterangan Sehat

4. Sertifikat TOEFL (tidak wajib untuk lulusan SLTA, wajib untuk lulusan Diploma, S1, S2)

5. Pas Foto berlatar merah

Setelah melengkapi data dan upload berkas file, pendaftar bisa langsung klik lamar pada laman yang aktif. Lalu pendaftar akan otomatis diberi kartu informasi berupa jadwal untuk melakukan Tes Tata Nilai BUMN secara online. Jangan lupa screenshot dan jadikan wallpaper kalau perlu, agar mudah untuk mengingat jadwal tes kalian sendiri. Sebab jadwal setiap pendaftar berbeda-beda, yaa!

Tes Tata Nilai BUMN berjumlah 72 soal. Tes tata nilai ini lebih menjuru ke tes kepribadian saat sedang melakukan pekerjaan. Contohnya seperti loyalitas kerja, kualitas kerja, kejujuran, dan kerjasama tim. Tesnya berlangsung ±45 menit. Bisa diakses via ponsel atau laptop, bebas senyamannya teman-teman saja mau diakses via apa. Tesnya sendiri berupa pilihan ganda, ada opsi A sampai D. Peserta diperintahkan untuk memilih jawaban yang paling tepat sesuai dengan studi kasus atau persoalan yang diberikan.

Tes Pengetahuan Umum

Kemudian jika sudah melengkapi dan memilih 3 perusahaan BUMN, peserta akan diberi jadwal untuk melakukan Tes Kemampuan Dasar. Tes Kemampuan Dasar atau disingkat TKD sendiri dilakukan secara online. Tes ini terdiri dari :

– Tes Verbal (lawan kata, persamaan kata, dsb)

– Tes Numerik (deret aritmatika, deret geometri)

– Tes Gambar (meneruskan pola gambar, menyamakan bentuk gambar, dsb)

– Tes Logika (merangkai jaring-jaring bangun ruang)

– dan Tes Bahasa Indonesia (soal cerita).

Tesnya berlangsung lumayan lama, kurang lebih sekitar 105 menit, dan di setiap tes itu ada batas waktunya masing-masing. Jika peserta belum selesai mengerjakan tes 1 maka halaman akan otomatis dialihkan ke tes 2. Jadi peserta harus benar-benar fokus, tenang, dan luangkan waktu untuk mengerjakan tes tersebut jika sedang bekerja atau beraktifitas.

Tips: Sering-sering berlatih soal TPA secara online, agar saat mengerjakan pada hari H tidak kaget atau sudah terbiasa. Siapkan kertas dan pensil sebelum tes berlangsung karena pasti dibutuhkan. Tidak perlu grogi, tanamkan mindset bahwa kamu berhak lulus ke tahap selanjutnya dan pasti bisa melewati tes tersebut.

.

Tes Bahasa Inggris

Ya ini jelas test bahasa inggris, saya sendiri belajarnya dari materi-materi TOEFL, IELTS semacam itu.

Tes Psikologi

Tesnya macam-macam. Seperti tes psikotes pada umumnya. Ada tes menggambar, tes menghitung cepat Pauli. Tes Pauli ini yang paling melelahkan, bikin tangan pegal.

Tes Kesehatan Fisik

Cek mata, berat badan, gigi, pendengaran, cek keseimbangan, cek ada ambeien atau tidak.


Tes Kesehatan Lab

tes darah, tensi, cek urin (di tes ini biasanya banyak yang tumbang). Saya sendiri tumbang karena kemungkinan darah rendah (jumlah HB saya rendah).

Wawancara

 Sayangnya saya nggak lolos di tes kesehatan lab jadi saya tidak bisa bercerita soal wawancara. Sehabis wawancara kalau lolos, sudah langsung diterima masuk kerja di PLN.

Gaji

Gaji yang ditawarkan oleh Bank Mandiri untuk ODP Nasional s1 adalah Rp 5.120.000,00 – nett dan untuk s2 adalah Rp 5.700.000,00 – nett + THR 2x gaji + Uang cuti 1x gaji + bonus tahunan (1-8x gaji, tergantung prestasi). Lumayanlah untuk fresh graduate.

 

 

Post a Comment for "Pengalaman Seleksi FHCI BUMN Bank Mandiri dan Informasi Gaji"