Search Suggest

XL Future Leaders




Pengalaman Beasiswa XL Future Leaders

Assalamualaikum guys!!

 

Saya ingin berbagi pengalaman ketika mengikuti program XL Future Leaders

 

https://4.bp.blogspot.com/-8cJurBFYkc0/WArHqgudnLI/AAAAAAAAABw/L1PO4dPpraUWQQObFIGBJWWVM8I5ot_4gCLcB/s400/download.jpg

 

 

 

Saya akan jelaskan step by step  tentang XL Future Leaders dan proses seleksinya. Jadi untuk yang ingin tahu,

 

 XL Future Leaders merupakan sebuah program kepemimpinan selama dua tahun yg diinisiasi oleh XL Axiata sebagai langkah memajukan Indonesia. 

 

XL menghadirkan XL Future Leaders 4, program pendidikan soft skill untuk melatih jiwa kepemimpinan yang sangat dibutuhkan oleh para mahasiswa. Berbekal kemampuan akademis dan kemampuan soft skill seperti yang diajarkan dalam program Feature Leader ini, mereka akan lebih siap menghadapi berbagai tantangan di masa depan, termasuk bersaing dengan dalam merebut posisi-posisi penting di berbagai bidang.

XL Future Leaders 4 merupakan bukti komitmen dan konsistensi XL dalam mendukung peningkatan dunia pendidikan di Indonesia dengan memfasilitasi talenta-talenta muda untuk diasah menjadi calon pemimpin masa depan yang mampu berkompetisi secara global.

Dari hasil sebuah studi yang dilakukan XL tentang kebutuhan pemimpin yang kompeten,  jawabannya adalah soft skillsebagai tantangan terbesar bangsa Indonesia saat ini. Untuk itu XL memantapkan pilihannya mengasah soft skillpemuda yang meliputi tiga area kompetensi utama, dan berkontribusi mencetak para pemimpin Indonesia di masa depan.

3 Kompetensi Utama

Tiga kompetensi utama yang dimaksud adalah Komunikasi Efektif sebagai kunci sukses para pemimpin dalam menyampaikan pendapat dan bernegosiasi; Jiwa Kewirausahaan dan Inovasi termasuk kepekaan dalam melihat peluang yang akan mengantar pada keuntungan ekonomis; serta Kemampuan Mengelola Perubahan yang di antaranya mampu beradaptasi dengan pesatnya perkembangan teknologi dan menjadikan hal ini sebagai peluang emas untuk dimanfaatkan.

Para mahasiswa di tahun pertama dan kedua dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia ditantang untuk ikut serta dengan mendaftarkan diri secara online setelah itu akan memilih minimum 150 mahasiswa terbaik dari seluruh Indonesia yang memenuhi persyaratan untuk mendapatkan pelatihan kepemimpinan yang berfokus pada 3 kompetensi utama tersebut selama 2 tahun ke depan.

 

Sampai saat ini XL Future Leaders atau biasa disebut XLFL sudah berjalan selama 5 tahun lebih loh dan ga kerasa XLFL Batch 5 sudah terpilih dan akan lanjut untuk perekrutan Batch 6 

nah disini saya mau jelasin untuk proses seleksinya gimana,Tapi pasti masih pada bingung kan proses seleksinya bagaimana? 

So, saya bakal share pengalaman mengikuti seleksi XLFL Batch 4 beberapa tahun lalu :D

 

1. Seleksi Administrasi Online 

Di tahap pertama ini, kamu harus mengisi form pendaftaran secara online di website join.xlfutureleaders.com  

Kriteria syarat-syarat umumnya seperti teman-teman:

 

1.ipk minimal 2.8, mahasiswa/i 

2.di tahun kedua atau ketiga, 

3.dan pastinya aktif berorganisasi. 

4.daftar e-learn dan selesaikan salah satu mata kuliah disana setelah itu akan dapat sertifikat online dan print out sebagai salah satu syarat registrasi

 

Syaratnya gampang kan teman teman? Trus lanjut ngisi form yg isian dan pertanyaannya ga terlalu sulit kok, masih seputar biodata, beasiswa dan prestasi yang pernah didapat, organisasi yang diikuti, juga dua buah pertanyaan essay dengan jawaban maks. hanya 300 karakter termasuk spasi (karakter yah bukan words). Lalu, di kolom yang ditanyain tau program ini dari mana boleh pilih nama "Novianto Pambudi" yaa nanti nama kamu masuk sebagai saya yg rekomendasiin dan kasih tau kamu jadi kamu dapat nilai + dan saya juga dapat nilai + karena sudah sosialisasi dengan baik :p kayak MLM ya heheheh.

Untuk tipsnya mungkin kamu harus maksimalin di prestasi, pengalaman organisasi, juga essaynya. Bikin semenarik mungkin ya walaupun hanya 300 karakter karena ditahap ini paling banyak yang akan gugur kalau dari saya untuk essaynya ini ada formula khusus (Situation+Task+Action+Result)atau bisa juga disebut STAR Method. Jadi, jangan anggap remeh and do your best!

 

2. Tes Bahasa Inggris dan GMAT

Jika kamu lulus seleksi tahap pertama maka akan lanjut ke tahap selanjutnya

 

1.English test dan 

2.GMAT. 

 

Untuk pertanyaan Englishnya ga sesulit yang dibayangkan jadi jangan takut dulu yaa, mulai latihan soal-soal TOEFL aja dari sekarang biar terbiasa pas tes nanti. 

Trus, kamu bakal dikasih waktu istirahat selama 15 menit dan lanjut test GMAT. Ada yang tau jenis tes ini sebelumnya? Jadi GMAT (General Mathematic Aptitude Test) adalah tes yang hampir sama kaya tes TPA pas seleksi masuk universitas dulu tapi lebih menjerumus ke analisis data dan organisasi management. Bedanya, tingkat kesulitan GMAT akan lebih tinggi dan harus teliti guys

Saran saya jika sudah mendapatkan pengumuman lolos tahap pertama, langsung deh coba-coba ikut GMAT Online Test di internet untuk cari referensi, oh iya saya recommend banget untuk teman2 lulus di tahap ini karena akan dapat MAKAN SIANG spesial dari XL dan istirahat sholat sebelum lanjut ke tahap berikutnya

 

3. In-Tray Exercise dan Focus Group Discussion 

apa itu In-tray Exercise????

(Ekspresi saya langsung berubah waktu baca cover soal yg dibagiin)

Well, sebenarnya saya sudah cari referensi dari pengalaman batch sebelumnya tentang english essay dengan referensi management TAPIII

Setelah membaca tulisan di cover soalnya akhirnya saya baru tau kalau In-tray Exercise ini sebenarnya adalah soal yang diberikan untuk proses seleksi calon manager.

In-tray exercise berisi satu set deskripsi perusahaan plus 3-4 buah soal kasus yang harus dijawab dalam bentuk essay singkat dan harus detail. Soalnya gk disangka sangka, tapi masih seputar masalah-masalah yang biasa terjadi di perusahaan trus kita analisis dan kasih solusi.

Setelah selesai ngerjain In-tray Exercise, kita lanjut ke focus group discussion. Kita bakal dibagiin dalam beberapa grup dan kita akan bahas pertanyaan-pertanyaan yang ada di In-tray Exercise sebelumnya. Tujuan di tahap ini adalah untuk melihat kemampuan seseorang mengemukakan pendapat, menerima pendapat, dan bagaimana mereka menghargai pendapat orang lain. Jadi disini kita dituntut harus aktif tapi jangan terlalu aktif sampai ga peduli orang lain juga ya.

 

4. Final Interview

Pengumuman peserta yang lanjut ke tahap interview juga langsung ditempel satu jam kemudian dan yeay alhamdulillah lolos! 

Di interview kemarin Pas wawancara ditanyain mulai dari data diri, keluarga, prestasi-prestasi yg pernah dicapai dan prosesnya sepeti apa, kelebihan dan kekurangan diri, trus pengalaman organisasi juga.untuk tips di interview santai aja kaya ngobrol biasa tapi tetap prepare yourself  dan CV teman2 oh iya jangan sampai bohong yah pas interview They will know though.

 

FINALLLY

Beberapa bulan kemudian dapat email langsung dari Bu Dian Siswarini (CEO XL Axiata) bahwa saya lulus dan menjadi bagian dari XL Future Leaders. alhamdulilah
I already feel the benefit of this program and I want you to feel it too. 

Fighting!

 

 

Stay Happy Guys

 


Post a Comment