Search Suggest

5 Aplikasi Pembuat Cover Buku, Penulis Wajib Baca

5 Aplikasi Pembuat Cover Buku, Penulis Wajib Baca - Pasti ketika Anda sedang di toko buku hal pertama yang Anda lakukan adalah melihat sinopsis atau ringkasan buku yang akan Anda beli. Hal kedua adalah melihat cover si buku. Menarik atau tidaknya suatu buku berasal dari cover dan gambar pendukung yang ada dalam buku tersebut. Sayangnya, cover buku bukanlah bagian dari buku yang inti dari suatu tulisan. Tujuan utama cover buku adalah untuk meyakinkan kita sebagai calon pembeli untuk melirik buku yang dilihat.

 

Untuk membuat cover buku yang bagus menjadi sebuah kewajiban bagi penulis. Kebanyakan writer jarang memiliki skill dalam bidang desain grafis sehingga rancangan model cover akan diserahkan pada penerbit agar pihak penerbit yang membuat cover sehingga tampak menarik. Namun, sekarang banyak aplikasi yang mendukung proses pembuatan sampul/cover buku baik dalam bentuk mobile atau PC. Jika Anda berniat menerbitkan buku sendiri dan bingung membuat covernya, cobalah beberapa aplikasi Pembuat Cover Buku berikut ini.

 

Aplikasi Pembuat Cover/Sampul Buku

1. Canva

Aplikasi ini merupakan aplikasi pembuat cover buku gratis yang dapat Anda jadikan pilihan. Canva memberikan kemudahan kepada para penggunanya. Canva menawarkan berbagai macam pilihan tamplate dan stok foto. Semuanya bisa dilakukan hanya dengan satu klik saja. Anda bisa memilih tamplate yang Anda inginkan dan menyesuaikan tiap tamplate cover dengan font.

 

Terbaik dari aplikasi Canva adalah memiliki pilihan yang disediakan dalam nuansa kontemporer dan menghasilkan cover buku yang keren. Sayangnya, jika Anda memilih tamplate yang sudah jadi, cover buku Anda akan sama dengan kebanyakan cover yang banyak orang gunakan. Jadi pastikan Anda memodifikasinya. Agar terlihat berbeda dengan penulis lainnya.

 

2. PosterMyWall

PosterMyWall merupakan aplikasi yang menyediakan tamplate cover buku yang bisa disesuaikan dengan kinginan Anda. Yang terbaik dari PosterMyWall adalah dapat terhubung dengan Getty Images, Flickr, dan Pixabay.

Dengan terhubung ke Getty Images, Flickr, dan Pixabay, membuat Anda memiliki banyak pilihan ketika memilih pilihan gambar, seperti gambar buah-buahan, sunset, atau bangunan keren.

 

Anda juga bisa melihat SOP untuk penggunaan gambar, jadi Anda langsung tahu jika terdapat batasan dalam penggunaan gambar. Untuk mendapatkan hasilnya Anda tinggal klik-unduh, Anda akan diberikan gambar dalam resolusi kecil, atau untuk kualitas tinggi, Anda harus membayar $3-5.

 

Kekurangan dari PosterMyWall adalah kualitas cover cenderung bervariasi karena aplikasi PosterMyWall memungkinkan orang untuk membuat tamplate cover untuk digunakan orang lain. Anda harus menyaring dari beberapa desain amatir dan membayarnya meskipun harganya sangat murah.

 

3. Affinity Photo

Jika Anda tidak memiliki aplikasi Adobe Photoshopuntuk membuat desain cover pada buku Anda, Affinity Photo mungkin bisa menjadi jawaban mengenai pembuatan cover. Affinity Photo ini memiliki hampir semua fitur yang mirip seperti Adobe Photoshop, dan, jika Anda memiliki kemampuan dalam menggunakan Adobe Photoshop, Anda juga bisa mempraktekkannya dengan aplikasi ini.

 

Kelemahan dari aplikasi ini ada dua, yaitu lebih sulit untuk memahami pada awalnya jika Anda sudah terbiasa dengan Adobe Photoshop, dan aplikasi ini tidak mengizinkan untuk ‘smart objects’. Artinya bahwa membuat maket 3D buku bisa jadi sangat sulit.

 

Anda masih bisa membuat gambar 3D sendiri, namun akan membuat lebih banyak pekerjaan daripada sekadar mengganti gambar template cover untuk Anda sendiri. Sisi positifnya, aplikasi ini jauh lebih murah untuk penggunaan waktu yang lebih panjang.

4. Blurb BookWright

Aplikasi ini mudah digunakan sehingga memungkinkan Anda untuk menerbitkan buku atau e-book. Sebagai bonusnya, aplikasi Blurb BookWright sudah menyertakan nomor ISBN gratis.

 

Dengan aplikasi Blurb BookWright, Anda sebagai penulis bisa merancang dan menerbitkan buku cetak atau e-book dari file yang sama. Aplikasi Blurb BookWright merupakan satu-satunya aplikasi gratis yang memungkinkan hal ini, memberi pengguna nilai dan fleksibilitas desain.

 

Tersedia juga plugin untuk Adobe Lightroom, Adobe InDesign. Plugin ini memungkinkan Anda untuk mengakses dan menyunting template cover buku kosong di berbagai program dan perangkat.

 

Kelebihan dari aplikasi ini selain gratis dan mudah untuk digunakan, Blurb BookWright juga dapat dihubungkan dengan lancar ke distribusi Amazon. Dalam waktu yang tidak lama, Anda bisa membuat buku cetak atau e-book dan mulai menjualnya di Amazon.

 

5. Adobe Photoshop

Saat memikirkan aplikasi desain grafis untuk desain cover buku, orang-orang akan langsung terpikir Adobe Photoshop sebagai salah satu aplikasi terbaik untuk merancang cover buku. Adobe Photoshop merupakan aplikasi yang sangat bagus untuk membuat apa saja, khususnya jika digabungkan dengan aplikasi lain dari saudara Adobe, yaitu Adobe Creative Cloud suite.

 

Aplikasi Adobe Photoshop tidak terlalu sulit untuk digunakan, yang mungkin cukup mengejutkan, mengingat pada dasarnya aplikasi ini merupakan standar industri. Anda bisa memodifikasi gambar, memotong bagian-bagiannya, menggabungkan semuanya, dan menggunakan beragam font.

 

Jika di ibaratkan Adobe Photoshop merupakan inti dari 4 rekemondasi aplikasi pembuat cover buku. Walau terkesan lebih ribet dan memakan waktu untuk mempelajarinya karena terlalu banyak tools yang bermanfaat. Anda bisa belajar mengenai pembuatan template cover di Adobe Photoshop melalui YouTube atau tutorial lainnya.

 

Jadi, jika Anda memutuskan untuk membuat buku dan menerbitkannya ke penerbit atau Google PlayBooks, ada aplikasi yang bisa membantu Anda untuk membuat cover. Karena cover yang menarik merupakan salah satu alat pemasaran agar buku Anda dilirik banyak calon pembeli.


Post a Comment