Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengalam Seleksi PLN dan Informasi Gaji


 

Pengalam Seleksi Tes PLN dan Informasi Gaji - PLN merupakan perusahaan swasta yang sudah masuk dalam level multiinternasional dengan produk unggulan berbagai jenis makanan dan juga minuman. Salah satu produk danone yang hingga kini masih eksis dan populer di tengah – tengah adalah produk air minum dalam kemasan AQUA.Proses ini sendiri sebenarnya sudah dimulai secara bertahap sejak tanggal 12 Juni 2022 lalu, dan akan berlangsung hingga tanggal 25 Juni 2022 mendatang. Nah untuk tips lolos tahap ini sendiri, bisa Anda simak pada poin berikut.

PLN

PT Perusahaan Listrik Negara adalah sebuah badan usaha milik negara yang mengurusi semua aspek kelistrikan yang ada di Indonesia. Ketenagalistrikan di Indonesia dimulai pada akhir abad ke-19, ketika beberapa perusahaan Belanda mendirikan pembangkit listrik untuk keperluan sendiri.

Jumlah Karyawan PT PLN

Jumlah karyawan PT PLN di seluruh Indonesia mencapai angka ribuan karyawan.

Alamat Kantor

PT PLN Head Office – Indonesia

alan Trunojoyo Blok M – I No 135 Kebayoran Baru, Jakarta 12160, Indonesia..

Syarat

Sebelum mendaftar pastikan Anda telah membaca seluruh ketentuan umum, tata cara melamar dan jadwal kegiatan rekrutmen dan seleksi di situs web ini.

1

Warga Negara Indonesia

2

Usia maksimal per 25 April 2022 mengikuti jenjang pendidikan sebagai berikut:

  • Diploma I/II/III : 27 tahun;
  • S1/Diploma IV : 30 tahun;
  • S2 : 35 tahun;
3

IPK minimal 2,75 untuk lulusan perguruan tinggi

 

4

Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia.

5

Sehat jasmani, rohani dan bebas narkoba.

6

Dokumen SKCK dari Kepolisian (Jika Ada).

7

Sertifikasi pelatihan yang sesuai dengan kompetensi dan rekomendasi pengalaman kerja apabila ada.

8

Rekomendasi Komunitas (berprestasi di Bidang Olahraga/Seni/Digital Creator/Start Up) apabila ada.

 

Cara Pendaftaran

1.      Membaca seluruh informasi ketentuan dan persyaratan yang berada di situs web ini.

2.      Menekan tombol register yang ada pada pojok kanan atas halaman depan. Kemudian, pelamar melakukan aktivasi akun yang
kami kirimkan ke email (inbox/spam/all mail).

3.      Pelamar wajib melengkapi CV dan dokumen persyaratan pada menu Daftar Riwayat Hidup

4.      Pelamar dapat melihat lowongan yang tersedia pada menu Lowongan. Peserta hanya dapat melamar maksimal 3 posisi di BUMN
yang berbeda.

5.      Pelamar dapat memantau proses lamaran, detail jadwal, dan pengumuman pada halaman Lamaran Saya atau email resmi
yang kami kirimkan.

Tahapan

Untuk Bank Mandiri tesnya cukup panjang dan ketat.

Tes Administrasi

Pengalaman gw kemaren, langkah pertama adalah mendaftar terlebih dahulu di website REKRUTMEN PLN, lalu isi data-data tersebut seperti nama lengkap, nomor ktp, alamat email, password, jenjang pendidikan, program studi, konsentrasi jurusan dan IPK/NEM. Lalu jika sudah terisi semua, tinggal klik “Daftar” dan aktivasi di email kalian masing-masing. Setelah aktivasi, kalian bisa langsung login ke website tersebut.

Note : Jika kalian sewaktu kuliah ambil jurusan teknik elektro dan mengambil konsentrasi arus lemah, maka disarankan pada kolom “Program Studi” ambil yang ELEKTRONIKA DAN INSTRUMENTASI dan kolom “Konsentrasi Jurusan” pilih yang ELEKTRO ARUS LEMAH.

Setelah login, kalian bisa langsung isi data-data yang diperlukan seperti data diri, informasi kontak, data pendidikan, data keluarga, data pengalaman kerja, organisasi, keahlian, penghargaan, dll. Jangan lupa berkas-berkas yang sudah disiapkan tadi seperti :

1.    Scan KTP

2.    Scan Akta Lahir

3.    Scan Ijazah/Surat Keterangan Lulus

4.    Scan Transkrip Nilai, dan

5.    Scan Skor TOEFL.

Berkas-berkas tersebut diupload dalam bentuk pdf atau jpeg. Setelah data terisi dan berkas sudah diupload, kalian bisa cek di menu “PRATAYANG CV“, apakah data tsb sudah sesuai dengan keinginan kalian atau masih ada yg kurang. Kalo ada kesalahan tinggal klik edit saja guys. Setelah semuanya fix kalian bisa langsung apply lowongan yang tersedia..

Tes Akademik

Setelah kalian lolos seleksi administrasi, tes pertama yang akan kalian hadapi adalah tes intelegensi. Tahun lalu tes intelegensi masih bernama tes GAT (General Aptitude Test) yang di pegang pihak ketiga (seperti CDC UI, ECC UGM, dll) tetapi untuk tahun 2017 ini, tes intelegensi dipegang langsung sama PLN dibawah bagian Unit Assesment Center. Untuk tipe soal tes intelegensi lebih kurang mirip tes TAP. Bedanya di waktu pengerjaan saja. Jika kalian ikut yang tes intelegensi waktu pengerjaan cuman 30 menit (Subtest pertama, kedua dan ketiga waktu pengerjaan 7 menit dan subtest keempat waktu pengerjaannya 9 menit). *Nanti gw cari info lanjut ya mengenai tes integensi yang baru ini  *  

Ohiya TAP adalah kepanjangan dari Tes Adaptif PLN. Tes ini menggunakan metode tes yang berbasis komputer yang lebih dikenal dengan istilah Computerized Adaptive Testing (CAT). Metode CAT ini mengadopsi dari University of Cambridge, London dan baru digunakan ditahun 2016. Tes adaptif ini baru diselenggarakan di kota Bandung dan Jogja saja. Jadi bisa dipastikan jika kalian mendaftar di kota Bandung dan Jogja tes yang digunakan adalah tes TAP bukan tes intelegensi. Selain kedua kota di atas PLN menggunakan tes intelegensi. Adapun tes adaptif ini mempunyai 4 subtest, yaitu:

a. Subtest General

Subtest general ini perpaduan antara soal subtest spasial, verbal dan numerik.

b. Subtest Spasial

Subtest ini berisi pola-pola gambar dan anak-anak panah. 

Dalam tes ini kemampuan akademik dan pengetahuan bahasa inggris kalian akan di uji. Oke gw bakal bahas satu persatu ya .. Pengalaman gw kemaren karena gw ambil program studinya “Elektronika dan Instrumentasi (elektro arus lemah)” maka soal akademik yang keluar seputaran SCADA (pengertian scada, fungsi utama scada, komponen scada, prinsip utama scada, peralatan pada sistem scada, komunikasi data scada, hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih scada, dll), PLC (pengertian PLC, jenis PLC, fungsi PLC, ladder diagram), Gerbang Logika (AND, NAND, OR, NOR, NOT dan XOR), Daya Listrik (daya Aktif, daya reaktif dan daya semu), Konversi bilangan (biner, octal, decimal, hexadecimal) serta beberapa soal mengenai gardu induk PLN. Waktu kemaren gw gak nemuin soal-soal hitungan sih jadi tenang aja gaess.. Soal akademik berjumlah 50 soal dengan durasi pengerjaan kurang lebih 45 menit. Sedikit bocoran soal akademik kemaren yang keluar kebanyakan soal SCADA dan PLC.

Tes Bahasa Inggris

Untuk soal bahasa inggris tipenya ini reading, maksudnya gini jadi nanti kalian bakal nemuin banyak cerita, lalu setelah kalian baca cerita tersebut dengan seksama kalian akan menemukan beberapa soal yang ada sangkutannya dengan cerita tersebut. So buat kalian banyakin vocabulary di ingatan kalian yaaa.. Selain dari soal cerita ada juga soal grammar dasar. Jumlah soalnya sama aja dengan akademik yaitu 50 soal dengan durasi pengerjaan 45 menit.

Untuk penilaian pada tes akademik dan bahasa inggris ini adalah jika Benar = +4 dan Salah =-1. Oleh karena itu maksimalkan kemampuan kalian ya guys

Tes Fisik

tes ini cukup berat brooo,jadi siapkan mental dan juga mulailah olagraga seperti jogging pust up dan yang lainya.soalnya banyak sekali yang gugur pada tahap awal ini,tes ini meliputi tes 12 menit lari,pust up,set up,pull up dan lari sprin serta tes ketinggian jadi siapkanlah extra tenaga broo.

Oke setelah menunggu kurang lebih 2 minggu untuk hasil tes psikotes ini, tes selanjutnya yang bakal di jalani adalah tes kesehatan. Tes kesehatan PLN ini dibagi menjadi 2 bagian yaitu TES FISIK serta TES LABORATORIUM DAN PENUNJANG. Dalam postingan ini gw bakal bahas dulu tes fisik, untuk tes lab dan penunjang di postingan berikutnya.

Pada tes fisik ini meliputi tinggi badan, BMI (Body Mass Index), lingkar perut, mata, gigi, telinga, tensi, keseimbangan badan dan yang terakhir adalah tes paling menakutkan yaitu tes ambeien. Oke bakal gw bahas satu persatu ya.

Tensi normal dibawah 130/80 ya kalo bisa. Kalo mau tensi normal itu bisa dengan tidur yang cukup, jangan melakukan aktifitas berat sebelum tes bisa mencegah tensi tinggi. Kemudian untuk tinggi minimal cowok = 160 cm dan cewek = 155 cm. Karena pln menginginkan BMI yang normal maka berat badan disesuaikan dengan tinggi badan. Misal kayak gw kemaren tingginya 165 cm dan berat badannya 64 kg maka BMI gw itu 23,5 dan standar BMI yang paling bagus adalah dibawah 25. Kalo belum ngerti perhitungan BMI seperti apa silahkan mampir ke mbah google ya 

Setelah itu bakal di ukur lingkar perut, standar untuk cowo adalah kurang dari 90 cm dan untuk cewe itu kurang dari 80 cm. Main aman mah untuk cowo itu range 70-80 cm. Kemudian pada tes visus mata yang bakal di cek langsung sama dokter spesialis mata dan bagi kalian anak engineer jangan sampe buta warna ya. Oiya untuk yang matanya minus tenang aja kalo minusnya masih dibawah -4 mah aman kok.

Selanjutnya kalian bakal di cek gigi dan telinganya. Gw sebelum tes fisik ini scaling gigi dulu, dibersihin karang giginya dan gw juga membersihkan telinga pake cotton bud. Usahakan gigi yang berlubang segera ditambal, kalo punya gigi yang ompong tenang aja gw aja ompong 2 masih lolos kok 

Dan tes terakhir dalam tes fisik ini adalah tes ambeien. Nanti kalian akan masuk ke ruangan dokter lalu kalian akan disuruh buka baju dan celana kalian. Telanjang ? Yup telanjang bulat  Disitu dokter akan mengecek apakah di tubuh kalian terdapat tato atau tindikan, varises dan penyakit lainnya yang terlihat langsung oleh mata. Setelah itu kita disuruh untuk nungging. Kalo yang beruntung cuman disenterin aja, tapi kalo lagi apes ya siap-siap aja (maaf) dubur kalian akan kemasukan sesuatu wkwk. Itu gunannya untuk mengecek ambeien..

Tes Psikotest

a.       Persamaan kata

b.      Aritmatika

c.       Mencocokan gambar

d.      Matematika dasar

e.      Perbedaan kata

f.        Tes pouli

g.       Tes wartek

h.      Tes gambar pohon

i.         Tes gambar orang

1. Tes menggambar Orang/ Draw a Person (DAP)

Dalam tes ini kalian akan disuruh menggambar seseorang dengan tubuh lengkap dari ujung rambut sampai ujung kaki. Diusahakan gambar sesuai jenis kelamin ya guys. Misalnya kalian cowo ya berarti musti gambar seorang laki-laki, jangan sampe kebalik hahaha. Waktu kemaren gw gambar seorang engineer karena background gw sendiri adalah engineer. Ini contoh gambar gw kemaren, kalo jelek sorry ya kan udah gw bilang tadi kalo gw gak bisa gambar 


TIPS dan TRIK :

1.    Pilih objek gambar yang mudah namun cukup detail. Gambarlah semampu kalian karena dalam tes ini tidak ada benar atau salah, yang terpenting gambar secara utuh dan lengkap termasuk juga aktivitas orang tersebut.

2.    Usahakan kalian menggambar dengan sekali gores, jelas dan pasti serta tidak ragu-ragu.

3.    Jangan pake penghapus apabila ada kesalahan, udah pede aja meskipun ada bagian yang gede sebelah gambarnya. Dan usahakan gambar di bagian tengah kertas dengan ukuran proporsional.

4.    Siapkan profil orang pada gambar tersebut seperti : nama, umur, jenis kelamin, aktivitas apa yang sedang dilakukan, kelebihan serta kekurangannya.

5.    Banyak latihan dirumah sebelum tes.

6.    Waktu pengerjaan sekitar 5-10 menit.

2.Tes menggambar pohon/Baum Tree

Oke setelah selesai gambar orang, kita disuruh gambar pohon. Bukan sembarang pohon yang digambar guys. Pohon yang digambar adalah jenis pohon dikotil, bercabang dan berakar tunggang. Contohnya pohon mangga, pohon jeruk, pohon jambu, dll. Pengalaman gw kemaren itu gambar pohon mangga.


TIPS dan TRIK : Untuk  tips dan tirknya kurang lebih sama kaya menggambar orang, gambar harus detail dan lengkap. Dan waktu pengerjaan juga sekitar 5-10 menit.

3.Tes Warteg

Selanjutnya adalah tes warteg. Tes warteg ini mengharuskan kita utk melanjutkan gambar apa yang ada di dalam kotak. Durasi pengerjaan pada tes ini sekitar 8-10 menit. Dan ini adalah gambar gw kemaren .


TIPS dan TRIK : Kalo kalian bingung mau gambar apa, banyak referensi di internet kok tentang gambar pada tes warteg ini. Tapi kalo bisa gambar yg beda dari yang lain 

Quote : “Dalam tes menggambar ini sebenarnya terserah kalian mau gambar apapun yang kalian suka. Intinya jadi diri sendiri itu lebih baik dari pada pura-pura menjadi orang lain.”

Tes kedua adalah tes PAPI

PAPI (Personality and Preference Inventory) adalah personality assesment atau alat tes penilaian kepribadian terkemuka yang digunakan oleh profesional HR (Human Resource) dan manajer terkait untuk mengevaluasi perilaku dan gaya kerja individu pada semua tingkatan. Tes PAPI terdiri dari 90 soal yang setiap soalnya terdapat 2 (dua) buah pernyataan yang harus dipilih salah satunya. Contoh :

a. Saya adalah pekerja keras
b. Saya tidak mudah murung

Dari soal tersebut kita diharuskan memilih salah satunya. Gak usah dipikirin soalnya langsung pilih saja jawabannya dan jadi diri sendiri itu lebih baik. Durasi pengerjaan sekitar 15-25 menit.

Tes ketiga adalah tes Pauli

Ini tes yang paling cuapek leher dan tangan. Jadi nanti kalian akan diberikan selembar kertas ukuran A0 yang berisi angka. Tugas kita menambahkan angka-angka tersebut. Tes ini bertujuan untuk melihat daya tahan kita terhadap hal yang bersifat kontinyu. Waktu pengerjaan tes ini selama sejam nonstop. Banyak referensi di internet cara mengerjakan pauli seperti apa so googling aja yak . lol

TIPS dan TRIK : Harus hapal di luar kepala penjumlahan 1-10. Itu syarat mutlak kalo mau lolos tes ini. Ngerjainnya santai aja gak usah buru-buru. Kalo sebelah udah nambah kertas jangan panik karena belum tentu yg nambah kertas itu bakal lolos. Pengalaman gw ngerjain tes pauli ini gak pernah nambah kertas tapi alhamdulillah lolos terus kalo ikut tes ini.

Tes keempat adalah Tes Personal Inventory

Tes ini mirip tes PAPI. Kalian akan diberikan sebuah pernyataan lalu kalian akan diberikan pandangannya mengenai pernyataan tersebut. Jawabannya ada 6 pilihan diantaranya :

a. Sangat tidak setuju
b. Tidak setuju
c. Kurang setuju
d. Cukup setuju
e. Setuju
f.  Sangat setuju

Jumlah soalnya itu 150 soal dengan waktu pengerjaan sekitar 45-60 menit.

Intinya dari semua tes dalam psikotes ini kalian harus banyak-banyak latihan sebelumnya, kenapa ? Supaya pas tes berlangsung kalian gak kaget dan tetep fokus dan lancar ngerjainnya. Jangan sampe di tes ini kalian nge-blank !!

Tes MCU/LAB

Sehabis psikotes  diberi tahu kalau akan diadakan medical dalam waktu dekat jika lolos Interview. Jelas saja tanggal 24 November saya di suruh melakukan medical di RSPJ Jakarta.

Setelah lolos dari tes kesehatan fisik, kalian akan mengikuti tes kesehatan lainnya, yaitu tes lab dan penunjang. Hati-hati dalam tes ini yang gugur minimal 50% dari jumlah peserta. Maka dari itu persiapan untuk tes ini gak bisa hanya 1 atau 2 minggu sebelumnya, melainkan bisa sampai berbulan-bulan sebelumnya.

Didalam tes lab dan penunjang ini ada beberapa kali pengujian, diantaranya :

1.    Pengambilan sampel darah

2.    Urine

3.    Rontgen paru-paru

4.    ECG (Electrocardiagram) / Detak Jantung

5.    Audiometri / Pendengaran

Ada pun beberapa hal yang dapat dilakukan dalam mempersiapkan tes lab ini diantaranya sebagai berikut (dikutip dari website pln) :

a. Menghindari makanan dan minuman berlemak tinggi yang mengandung lemak jahat seperti kuning telur, jeroan, susu dan produk turunannya seperti : keju, yoghurt, es krim dsb (untuk susu rendah lemak boleh dikonsumsi), makanan laut (udang, kepiting, cumi – cumi, kerang), makanan mengandung minyak dan santan tinggi, segala jenis minuman bergula tinggi (softdrink, sirup dengan gula tinggi, dan lain sebagainya);

b. Memperbanyak makanan berserat tinggi diantaranya buah-buahan (Jeruk, Mangga, Jambu, Strawberry), sayuran (brokoli, wortel, dan sayuran hijau kecuali bayam agar dibatasi), ikan yang mengandung omega 3 (ikan salmon, tuna, dan sardine yang dikukus atau dibakar), kacang kedelai dan oatmeal;

c. Berolahraga rutin dengan intensitas ringan sampai sedang seperti berjalan sehat dan lainnya

Pengalaman gw kemaren, gw udah nyiapin tes lab ini 2 bulan sebelumnya dimulai dari mengurangi makan-makanan yg berminyak lebih (kalo goreng sendiri mah gapapa), olahraga lebih intensif lagi (seminggu bisa 3x jogging), menjaga pola makan, gaya hidup sehat, makan buah-buahan seperti di atas serta tidur teratur jangan terlalu banyak begadang. Emang hidup kaya gini gak enak sih tapi kalo kita mau mencapai sesuatu yg besar ya harus ada pengorbanan dan ini adalah salah satu pengorbananya.

3 hari sebelum tes lab dimulai , gw inisiatif buat cek lab mandiri didaerah jogja. Disitu gw ngecek gula darah puasa, kolesterol total, HDL, LDL, Trigliserida dan Asam urat. Hasilnya semuanya normal cuman ada satu yg mengkhawatirkan yaitu HDL. HDL gw nilainya dibawah normal, dan saat itu gw langsung hubungin temen gw yg dokter dan gw berkonsultasi. Kata temen gw cara yang ampuh buat naikin HDL itu adalah dengan jogging dan makan kacang-kacangan seperti kacang panjang, kacang kedelai. Setelah beli kacang panjang dan kacang kedelai gw mutusin untuk jogging. Lumayan jauh waktu itu sekitar 4 KM.

Akhirnya hari H tiba, pas gw tes lab beneran agak pesimis sih sebenernya takut gak lolos lagi untuk yg ketiga kalinya. Alhamdulillah berkat doa dari orang tua dan keluarga serta support dari temen-temen semua akhirnya gw bisa lolos tes lab kali ini. Langsung sujud syukur dah gw asli.

Tes Interview HRD

Peserta wawancara diwajibkan juga membawa berkas lamaran kembali dilengkapi dengan membawa materai untuk surat pernyataan.  Saya berangkat diantar oleh Ayah dan tetangga saya yang menjadi sopir selama perjalanan, kami sampai lokasi sekitar pukul 08.00 WIB dan masih sempat mandi dan sholat duha. Sambil menunggu waktu Dzuhur dan interview kami habiskan waktu dengan mengobrol dan makan jajanan kecil yang kami bekali dari rumah. Adzan dzuhur-pun kemudian berkumandang, saya langsung mengambil air wudhu dan bergegas melaksanankan sholat dzuhur berjamaah. Ketika hendak wudhu, saya sempat bertemu dengan peserta wawancara lain yang sudah selesai melaksanankan wawancara. Saya coba bertanya seputar apa saja yang ditanyakan interviewer. Mereka hanya menjawab bahwa interview berlangsung santai dan hanya ditanya seputar aktivitas sehari-hari dan pengalaman Pendidikan atau kerja sebelumnya. Selesai sholat tidak lupa sholawat dan salam kepada junjungan besar nabi Muhammad SAW dan keluarga, seraya saya berdo’a semoga diberi kelancaran selama proses wawancara dan hasil terbaik bismiLlah. Sampai di area wawancara, saya langsung menghampiri panitia yang berjaga. Saya langsung menyerahkan berkas lamaran yang diminta sebelumnya dan melakukan absensi (jangan sampai lupa absensi, waktu wawancara saya hanya 1 x ttd). Setelah absen saya diminta mengambil satu lembar surat pernyataan dan diminta menunggu untuk giliran wawancara. Setelah mengisi form surat pernyataan dan melengkapi dengan materai 6000 plus ttd, selanjutnya saya siapkan CV, Fc Ijazah, Transkrip, KK, KTP sebagai lampiran wawancara didalam map biru. 

 

Tibalah saatnya saya dipanggil, dengan mengucap BismiLlahirahmanirohim saya mengetuk pintu dan masuk dengan mengucap Assalamu’alaikum. Pewawancara dengan ramah menjawab salam saya dan kemudian saya menyalami pewawancara yang jumlahnya dua orang, selanjutnya saya dipersilahkan untuk duduk. Pewawancarapun memperkenalkan diri, bapak Gery selaku dari pihak PT. PLN (Persero) dan ibu Katerin selaku psikolog dari ECC UGM. Saya langsung menyerahkan berkas lengkap dengan form surat pernyataan saya tadi dan kemudian bapak Gery menanyakan kepada saya sudah makan atau belum. Langsung saya jawab belum, beliaupun memberikan saya jajanan kotak beserta Aqua satu botol 600 ml, saya-pun langsung menerima dan berterima kasih. Bapak Gery mulai menjelaskan tat acara interview yaitu saya diminta menjelaskan seputar diri saya (perkenalan diri) dengan menyebutkan nama, tempat tinggal, dari berapa bersaudara, kondisi orang tua (sehat/tidak) dan pekerjaan serta aktivitas, aktivitas selama kuliah, pengalaman kerja, hobi dan aktivitas sehari hari. Saya mulai menjelaskan satu persatu tentang diri saya sampai pekerjaan kedua orang tua saya yaitu guru SMP dan bapak saya yang sudah pension dan kini aktivitasnya jualan ayam ketawa (sejenis ayam hias) dan saya juga ikut membantu, ditengah penjelasan baik pak Gery dan ibu Katerin juga sambil terus bertanya tentang diri saya agar penyampaian saya dapat terjabarkan dengan baik dan jelas. Setelah memperkenalkan diri, ibu katerin mulai bertanya seputar pengalaman kerja saya dan pencapaian selama kerja, saya-pun menjelaskan seputar aktivitas kerja saya selama bekerja di perusahaan sebelumnya dan pencapaian yang saya capai diantaranya target produksi dan proses audit yang berlangsung aman terkendali. Bapak Gery mulai tertarik untuk menanyakan seputar audit, saya menjelaskan tentang aktivitas di perusahaan saya sebelumnya. Ibu katerin kembali bertanyanya “Job-desk saya apa saja”, “apakah pernah menghadapi anak buah atau rekan kerja yang sulit diatur”, “apa yang saya lakukan bila target misalkan terlalu sulit untuk dicapai”, saya-pun menjawab tentang jobdesk yaitu manajemen proses-waktu dan orang, pernah menghadapi anak buah yang sulit diatur namun tetap saya beri pengertian bahwa bila sudah di dunia kerja maka harus mematuhi aturan tempat kerja, bila target sulit dicapai, saya akan langsung melakukan perhitungan dan mencoba menjelaskan kepada atasan kendala apa saja yang dihadapi agar atasan bisa ikut meberi saran agar target tetap bisa tercapai atau merubah target. Ibu Katerin bertanya juga tentang peranan saya atau terobosan apa saja yang perna saya lakukan untuk perusahaan, saya menjawab bahwa diantara peranan saya yaitu membuat daftar list audit sehingga proses audit mudah dan lancer pelaksanaannya. Saya juga jelaskan seputar pelaksaan komisioning diperusahaan lama dan saya dipercaya sebagai pihak yang ikut mengawasi selama proses komisioning. Ibu Katerin bertanya lagi “apa yang dilakukan bila ada sesuatu yang menurut saya baru ketika proses komisioning dan apakah hal itu tidak menyulitkan bagi saya”, saya-pun menjawab bahwa saya akan coba cari tahu bila ada hal yang menurut saya baru dan justru hal baru tersebut menarik bagi saya Karena bisa memperkaya pengetahuan saya. Bapak Gery juga menanyakan tentang keputusan resign saya yang belum memperoleh pekerjaan lagi dan resiko yang sudah terfikirkan bila tidak diterima atau tidak lolos, saya-pun menjelaskan bahwa niat saya adalah ibadah sehingga pekerjaan yang saya lakukan harus bernilai Ibadah sehingga bila tidak lolos juga tidak mengapa, yang penting saya sudah berusaha ikhtiar. Bapak Gery kembali bertanya “bagaimana bila saya tidak lolos wawancara”, saya-pun menjawab bahwa saya bila tidak lolos wawancara maka saya akan tetap melamar kerja sambil mebantu Ayah saya jualan ayam. Bapak Gery kemudian ganti bertanya seputar Sertifikasi Ahli K3 yang sempat saya ikuti. Bapak Gery bertanya lagi, bila misalkan diterima kerja ingin memilih kerja di Proyek, Pembangkit, Transmisi atau Distribusi, saya-pun menjawab memilih Pembangkit Karena sesuai dengan bidang saya dan pak Gery langsung menambahkan bahwa K3 saya nantinya juga bisa terpakai bila di Pembangkit. Selanjutnya bapak Gery menanyakan kepada saya bila misalkan saya diterima nanti mau ditempatkan dimana selain pulau Jawa, saya menjawab Kalimantan Karena tempat kerja saya sebelumnya banyak orang Kalimantan sehingga saya cukup familiar dengan budaya daerah tersebut. Wawancarapun diakhiri dengan becandaan bahwa sebenarnya tempat wisata yang menarik kebanyakan di Indonesia timur, saya secara sepontan menjawab “apalagi raja Ampat pak”, bapak Gery langsung meminta bu Katerin untuk mencatat nama saya ditempatkan di Papua hahahahhaha bisa ajh pak Gery ini, Selanjutnya pak Gery malah bercerita seputar temannya yang dibela-belain membeli peralatan selam komplit Karena saking sukanya menyelam di daerah Indonesia timur dan pemandangan alam yang indah. Akhirnya wancara kami sudahi dan kembali saya ucapkan terima kasih serta salam kembali dan meninggalkan ruangan yang kemudian meminta panitia memberi setempel kartu peserta saya. 

 

1.    -Jelaskan diri secara singkat

2.    Achievement terbaik kamu apa? Kok bisa kamu dihargai seperti itu?kontribusimu apa?

3.    -Ini kamu ada project project apa aja?

4.    -Pernah kena konflik ga selama kamu berorganisasi?seperti apa?gimana mengatasinya?

5.    -Kegiatan kamu banyak banget, gimana kamu bagi waktu?

6.    -Keluarga bagaimana?Selama ini kuliah gimana?

7.    -Selama nganggur ngapain aja?

8.    -Kamu punya usaha?kamu jadi apa?udah sejauh apa?

9.    -Rencana kamu selama 5 tahun kedepan apa?

10. -Kamu yakin Danone bakal sesuai sama rencana kamu?

11. -Ada rencana S2?

12. -Bersedia ditempatkan di luar Jawa atau enggak?

13. -Ada pertanyaan?.

Tes Interview User

. -Ga ditanya : tell me about yourself. tapi langsung ditembak ke CV, ditanyain mengenai lab simulasi proses, itu labnya pak Wahyudi bukan?ternyata user saya ini alumni UGM dan Teknik Kimia juga .-.

-Ceritain kerjaan di lab mana aja

-Pernah jadi pemimpin dimana?ceritain dong. Saya nyeritain waktu jadi sekjen Almustaqim, Koor Lab Komputasi sama wakil Lab Proses.

-Pernah ikut lomba lomba?apa aja pencapaian kamu?

-Ini kamu apa aja dicoba, banyak bener ini di CV kamu yang aneh aneh, sebenernya passion kamu apa si?

-Keluarga posisi dimana?berapa bersaudara?

-Mau ditempatin dimana?kalo di luar jawa mau?

-Ini di CV kamu pernah di bagian Human Resource , kamu gamau jadi HR po? Kamu juga bilang kamu suka interaksi dengan orang lain. (Saya jawab saya maunya jadi engineer, hehe.)

-Rencana kamu 5 taun kedepan apa?ga pengen S2?

– Perkenalan (Pake Bahasa inggris)

– Pengalaman kerja, Role, pengalaman kuliah

– Kenapa mau pindah ke Pertamina?

– Ini bahasa inggris kamu bagus, belajar dimana?

– Gaji kamu di Danone berapa?

– Yakin mau pindah? Kamu malah downgrade selama masa pendidikan ini.

– Kamu kalo di pertamina mau di posisi apa?

– Apa yang kamu ketahui tentang pertamina? Semalem udah belajar apa aja?

– Kamu mau nikah kapan (!) selama pendidikan ga boleh nikah lho.

– Keluarga kamu berapa bersaudara?

– Kamu kalo menghadapi orang yang lebih tua bagaimana?

– Siap di tempatkan di papua? Enakan di Danone lho, kalo saya jadi kamu saya milih Danone.

– Kamu punya usaha?

– Seberapa yakin kamu masuk Pertamina?

– CV nya buat sendiri atau dibuatkan? Saya minta ya.

Untuk yang MT 2018 ini, pihak PGN hanya mengirimkan emai kepada kandidat yang dinyatakan lolos saja (info yang saya dapat dari HR PLN), tapi bisa saja email masuk ke bagian spam atau folder lain bisa dicek.

Gaji

Gaji yang ditawarkan oleh PLN untuk PLN  Nasional S1 adalah Rp 5.120.000,00 – THP ,GP Rp 4.120.000,00 dan untuk S2 adalah Rp 5.700.000,00 – THP ,GP Rp 6.120.000,00  + THR 1.5x gaji + Uang cuti 1x gaji + bonus tahunan (1-8x gaji, tergantung prestasi). Kurang lebih sama seperti Pertamina karena masih satu perusahaan.Untuk OJT/Lulusan SMA/SMK adalah Rp 2.500.000

Bonus

1.    Cuti tahunan serta jatah cuti besar yang menggiurkan.

2.    Bonus Pay For Performance (P3) atau dikenal pula dengan istilah semesteran.

3.    Bonus tahunan dan bonus setiap windu.

4.    Dana Pensiun DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan). Intinya sih semacam jaminan hari tua yang sudah diatur secara otomatis oleh manajemen di PLN.

5.    BPJS Ketenagakerjaan.

6.    BPJS Kesehatan.

7.    Fasilitas Kesehatan.

8.    Car Ownership Program (COP).

Pengalaman Pribadi

Gaji pertama saya sebagai masukan S1 NIP Z di peringkat 18 / spesific 4 adalah gaji pokok 4,2 jt +

tunjangan 567 ribu, potongan 200ribuan, jadi THP sekitar 4,5 jt. klo temen2 masuk jalur D3 NIP Z temen2 akan

berada di peringkat 20 / Basic 2 dengan salary pokok sekitar 3,5 jt + tunjangan 350 ribuan (lupa persisnya) thp

3,8 jt.

Selama setahun, kita dapet gaji seperti ini lah gambarannya :
gaji bulanan : 12 x THP
uang cuti thnan : 1 x Gaji pokok (GP)
uang THR : 1 x Gaji pokok (GP) (ini sering berubah2, pernah 2xGP, pernah 1,5x GP
IKS semester 1 (bonus kinerja) : bervariasi menurut nilai, sy dapet average besarannya kira2 1,8 x gaji pokok.

pernah dapet lumayan sekali dapetnya 3x gaji pokok.
IKS semester 2 (bonus kinerja) : sda.
Bonus tahunan : ini bervariasi juga, pernah 5x gaji pokok, 6 kali, 4 kali ga tentu sesuai kondisi perusahaan.

bayarnya dicicil setaun 2 kali biasanya.

so average pegawe PLN (nilai kinerja biasa2 aja y, ndak bagus2 banget) setaun paling ngga dapet 12xTHP + 10 GP.

silahkan hitung sendiri yak.

gimana dengan kenaikan gaji? kenaikan gaji seiring kenaikan peringkat sangat dikit jumlahnya. paling selisih 500 ribu  kenaikan seiring masa kerja lebih parah lagi cuma 50 rebu paling. saat ini THP saya dikurangi potongan pokok ya sekitar 4,8 juta. masa kerja dari 2009. bandingkan dengan istri saya kerja di bank lokal masa kerja 4 taun  juga dari awal 3,6 juta sampai dengan skrg 6,8 juta.   itu baru sama pegawe bank, sama oil? sama 
telco? yah mungkin 20 taun lagi bisa diadu kali yaa.. amin.
Ok katanya dapet duit diluar gaji banyak gan?? hmm banyak sih tergantung ya, biasanya kita dapet dari sisa uang

sppd/perjalanan dinas. klo agan orangnya memang sering sppd/ nantinya kerja di proyek lumayan emang sppdnya. tapi
sbg perhitungan sy ke jakarta 3 hari dapet 3 juta. tiket beli

sendiri, akomodasi nyari sendiri, pokoe dapet segitu lah. nah tinggal pinter2nya kita ngatur uang tuh. misal

nginep di mess yg murah, naek pesawat paling murah dll. tergantung nurani masing2.
o ya dalam sebulan saya bisa 2 kali ke jkt. trus bisa juga sppd lokal ke daerah sekitar sy (>50km jaraknya dr kantor) dapet 600 ribu untuk 2 hari perjalanan. rekor sy 4 kali ke jkt + 5 hari sppd lokal dalam sebulan. 

gimana kalo overseas? tergantung overseasnya kemana, paling enak ke asia tenggara, pengalaman sy dapet 1500 usd hanya habis sekitar 600 usd aja buat tiket pp sama akomodasi dan makan. tapi kalo ke overseasnya dibiayain vendor/ pihak ke 3 laen cerita  tergantung vendornya bisa pelit ato malah hambur2. nasib lah pokoe.

Kesehatan :
kesehatan kita (masih) ditanggung 100 persen, anak sampe anak ke 3. klo istri agan ga kerja ya ditanggung juga pengobatannya. sistemnya reimburse, tapi memang harus dateng ke dokter langganan. nunggu reimbursenya sekitar seminggu 2 minggu. cuman denger2 untuk rekrutan baru benefit kesehatannya beda sama yang dulu2. ini sy blm tau

Post a Comment for "Pengalam Seleksi PLN dan Informasi Gaji"