Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengalaman Seleksi GPTP Telkom dan Informasi Gaji


 

Pengalaman Seleksi GPTP Telkom dan Informasi Gaji - Telkom merupakan perusahaan swasta yang sudah masuk dalam level multiinternasional dengan produk unggulan berbagai jenis makanan dan juga minuman. Salah satu produk danone yang hingga kini masih eksis dan populer di tengah – tengah adalah produk air minum dalam kemasan AQUA.Proses ini sendiri sebenarnya sudah dimulai secara bertahap sejak tanggal 12 Juni 2022 lalu, dan akan berlangsung hingga tanggal 25 Juni 2022 mendatang. Nah untuk tips lolos tahap ini sendiri, bisa Anda simak pada poin berikut.

TELKOM INDONESIA

PT Telkom Indonesia Tbk, biasa disebut Telkom Indonesia atau Telkom saja, adalah perusahaan informasi dan komunikasi serta penyedia jasa dan jaringan telekomunikasi secara lengkap di Indonesia.

Jumlah Karyawan PT Telkom

Jumlah karyawan PT Telkom di seluruh Indonesia mencapai angka ribuan karyawan.

Alamat Kantor

PT Telkom Head Office – Indonesia

alan Trunojoyo Blok M – I No 135 Kebayoran Baru, Jakarta 12160, Indonesia..

Syarat

Sebelum mendaftar pastikan Anda telah membaca seluruh ketentuan umum, tata cara melamar dan jadwal kegiatan rekrutmen dan seleksi di situs web ini.

1

Warga Negara Indonesia

2

Usia maksimal per 25 April 2022 mengikuti jenjang pendidikan sebagai berikut:

  • Diploma I/II/III : 27 tahun;
  • S1/Diploma IV : 30 tahun;
  • S2 : 35 tahun;
3

IPK minimal 2,75 untuk lulusan perguruan tinggi

 

4

Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia.

5

Sehat jasmani, rohani dan bebas narkoba.

6

Dokumen SKCK dari Kepolisian (Jika Ada).

7

Sertifikasi pelatihan yang sesuai dengan kompetensi dan rekomendasi pengalaman kerja apabila ada.

8

Rekomendasi Komunitas (berprestasi di Bidang Olahraga/Seni/Digital Creator/Start Up) apabila ada.

 

Cara Pendaftaran

1.      Membaca seluruh informasi ketentuan dan persyaratan yang berada di situs web ini.

2.      Menekan tombol register yang ada pada pojok kanan atas halaman depan. Kemudian, pelamar melakukan aktivasi akun yang
kami kirimkan ke email (inbox/spam/all mail).

3.      Pelamar wajib melengkapi CV dan dokumen persyaratan pada menu Daftar Riwayat Hidup

4.      Pelamar dapat melihat lowongan yang tersedia pada menu Lowongan. Peserta hanya dapat melamar maksimal 3 posisi di BUMN
yang berbeda.

5.      Pelamar dapat memantau proses lamaran, detail jadwal, dan pengumuman pada halaman Lamaran Saya atau email resmi
yang kami kirimkan.

Tahapan

Untuk Bank Mandiri tesnya cukup panjang dan ketat.

Tes Administrasi

Saat mengetahui bahwa Telkom sedang membuka lowongan untuk PPS, saya langsung menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk melakukan pendaftaran. Pendaftaran dapat dilakukan melalui laman resmi rekrutmen Telkom di https://e-recruitment.telkom.co.id/. Di laman tersebut kalian akan mengisi beberapa informasi seperti data diri, pendidikan, pengalaman kerja, orang tua dan lain-lain.

Hal yang perlu kalian siapkan antara lain:

·                     Pas Foto (rapi)

·                     Foto Seluruh Badan (rapi)

Saran saya sih fotonya pake jas sekalian biar rapi hehehe. Terus biar aman pake background warna merah aja karena kebanyak perusahaan lain juga maunya background merah, lumayan buat daftar-daftar yang lain juga.

 

Di tahap ini gak semua berkas lamaran yang masuk ke Telkom bakal dipanggil buat test. Tapi diseleksi dulu. Kalo memenuhi kriteria anda baru bisa masuk ke tahap selanjutnya. Seleksi ini biasanya meliputi kelengkapan berkas, kriteria akademis, seperti IPK lalu prestasi yang anda lampiran di CV dan juga poin plus untuk pengalaman kerja kalau ada. Tapi untuk Fresh Graduate jangan takut. Asalkan kriteria cocok, tetap bisa lolos di tahap ini.

Seleksi administrasi biasanya harus melampirkan persyaratan :

   - Surat Lamaran Kerja

   - CV

   - Fotocopy KTP yang berlaku

   - Pas Foto 4x6 terbaru warna

   - Fotocopy ijazah terakhir dilegalisir

   - Fotocopy transkrip nilai dilegalisir

   - Fotocopy sertifikat akreditasi jurusan di kampus dilegalisir.

Tes TKD

1.            Army Alpha Test (favorit gw nih).

2.            Warteg Test, ini yg nyempurnain gambar. Ada 8 gambar.

3.            Test Koran (Kraeplin/Pauli Test). Menjumlahkan 2 angka yg berdekatan dan ditulis hanya angka satuan nya aja. Fokus! Kalo boleh pake pulpen aja. Tapi kalo diharuskan pake pensil, sediakan pensil setidaknya dua. Karna kalo patah atau tumpul, ngeraut nya itu butuh waktu. Pokoknya hasilnya harus stabil jangan cenderung menurun.

4.            Test EPPS (Edwards Personal Preference Schedule). Soalnya tentang 2 pernyataan yg kita diharuskan untuk memilih salah satu yg paling dekat dengan kepribadian kita. Kalo pun dua dua nya gak ada sama sekali, kita tetap wajib untuk memilih salah satunya. Ada 250 soal kalo gak salah. Dan banyak yg mirip seperti diulang-ulang. Jadi harus konsisten ya.

5.            Test Analog Verbal. Kayak sinonim dan antonim. Gak begitu sulit kok.

6.            Test Logika Aritmatika. Ini pola bilangan yang berurutan misalnya kelipatan 4 atau berapa. Gampang lah.

 

 

Tes Bahasa Inggris

Kita akan melakukan tes TOEFL seperti pada umunya (structure, dan reading). Jadi tipsnya pelajari structure, reading, writing and grammar yaa! Oiya, sama seperti tes lainnya, tes ini juga memiliki batasan waktu pengerjaan yang sangat singkat. Jadi, sebaiknya teman-teman banyak berlatih untuk mengerjakan soal dengan cepat dan tepat.

Tes BUMN Value dan TWK

Pada tahapan ini, teman-teman akan diminta mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan core value BUMN yaitu AKHLAK. Untuk itu, kami menyarankan agar sebelum mengerjakan soal-soal ini, teman-teman diharapkan betul-betul sudah memahami penerapan sehari-hari dari core value BUMN itu sendiri, yaitu AKHLAK .Di test ini, umumnya mengenai bagaimana seorang pekerja yang profesional. Menurtku ini lebih ke test kepribadian sih. Untuk materi ini aku belajar mengenai core value BUMN yaitu AHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif). Sementara itu, untuk tes value BUMN, kalian coba pelajari nilai-nilai BUMN dengan baik. Hal ini juga bisa kalian cari di Google dengan mudah kok.

Kalau teman-teman merasa jago saat mengikuti kelas Pendidikan Kewarganegaraan semasa sekolah dulu, dijamin kalian tidak akan merasa kesulitan saat menjalani tes ini! Pada tahapan ini, teman-teman akan dihadapkan tentang soal-soal mengenai sejarah Indonesia secara umum beserta peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Selain itu juga, terdapat beberapa soal mengenai nasionalisme dan pengamalan nilai-nilai Pancasila

TWK isinya wawasan kebangsaan gitu. Mungkin mirip dengan di CPNS ya, tapi i don't really know karena aku ga ikut CPNS xixi. Lebih membahas ke nilai pancasila, UUD 1945, sejarah indonesia

Tes Kemampuan Bidang

Sesuai namanya, melalui tes ini, teman-teman akan diuji pemahamannya berkaitan dengan job role yang kamu ambil. Misal, kamu memilih job role Sales Operation and Management, teman-teman akan mendapatkan soal pertanyaan dasar tentang sales itu sendiri.  tes bidang ini bener-bener test pengetahuan bidang yang kita lamar. bukan sikap. Aku gatau sama sekali, ditanyain Onetouch, marketing, dan lain-lain. Apakah ada ilmu-ilmu kuliah yg diterapkan disini kak

Tes LGD

Pada tahapan ini, tes berlangsung via zoom yang diawasi oleh tim rekruter di mana teman-teman akan diberikan case tentang managerial untuk diselesaikan secara berkelompok. Tim tersebut terdiri atas 6 s.d. 8 orang dan diberi durasi waktu selama 1 jam, dengan ketentuan pembagian waktu yakni 15 menit untuk memahami case dan 45 menit digunakan untuk diskusi penyelesaian kasus yang diberikan.

Tes Psikotes

  • Test kemampuan akademik (soalnya mirip2 dengan soal sewaktu tes online, jadi tes kemampuan akademik onlinenya harus dikerjakan sendiri ya, jgn coba2 minta bantuan orang lain krn nanti kita bakalan dites ulang dengan soal yg hampir sama, jadi bakalan ketahuan mana yg ngerjain sendiri atau dibantu org lain )
  • Test Wartegg. dimana akan ada 8 kolom dan tiap kolom terdapat sebuah titik atau garis dan kita diminta menggambar sesuatu dari titik atau garis yg ada di tiap kolom tersebut. 
  • Tes Koran (Pauli). 
  • Human Drawing, dan kita diminta mendeskripsikan gambar tersebut, juga kita diminta menuliskan 3 kelebihan dan kekurangan kalian masing-masing dan bakalan ditanyain pas interview, cara ngatasin kekurangan kalian kek gimana. 
  • Tree Drawing, hampir mirip dengan tes gambar orang, kita diminta untuk menggambar pohon apa saja (kecuali pohon pisang, kelapa, pohon yg menjalar). 

Tes MCU/LAB

Sehabis psikotes  diberi tahu kalau akan diadakan medical dalam waktu dekat jika lolos Interview. Jelas saja tanggal 24 November saya di suruh melakukan medical di RSPJ Jakarta.

Setelah lolos dari tes kesehatan fisik, kalian akan mengikuti tes kesehatan lainnya, yaitu tes lab dan penunjang. Hati-hati dalam tes ini yang gugur minimal 50% dari jumlah peserta. Maka dari itu persiapan untuk tes ini gak bisa hanya 1 atau 2 minggu sebelumnya, melainkan bisa sampai berbulan-bulan sebelumnya.

Didalam tes lab dan penunjang ini ada beberapa kali pengujian, diantaranya :

1.    Pengambilan sampel darah

2.    Urine

3.    Rontgen paru-paru

4.    ECG (Electrocardiagram) / Detak Jantung

5.    Audiometri / Pendengaran

Ada pun beberapa hal yang dapat dilakukan dalam mempersiapkan tes lab ini diantaranya sebagai berikut (dikutip dari website pln) :

a. Menghindari makanan dan minuman berlemak tinggi yang mengandung lemak jahat seperti kuning telur, jeroan, susu dan produk turunannya seperti : keju, yoghurt, es krim dsb (untuk susu rendah lemak boleh dikonsumsi), makanan laut (udang, kepiting, cumi – cumi, kerang), makanan mengandung minyak dan santan tinggi, segala jenis minuman bergula tinggi (softdrink, sirup dengan gula tinggi, dan lain sebagainya);

b. Memperbanyak makanan berserat tinggi diantaranya buah-buahan (Jeruk, Mangga, Jambu, Strawberry), sayuran (brokoli, wortel, dan sayuran hijau kecuali bayam agar dibatasi), ikan yang mengandung omega 3 (ikan salmon, tuna, dan sardine yang dikukus atau dibakar), kacang kedelai dan oatmeal;

c. Berolahraga rutin dengan intensitas ringan sampai sedang seperti berjalan sehat dan lainnya

Pengalaman gw kemaren, gw udah nyiapin tes lab ini 2 bulan sebelumnya dimulai dari mengurangi makan-makanan yg berminyak lebih (kalo goreng sendiri mah gapapa), olahraga lebih intensif lagi (seminggu bisa 3x jogging), menjaga pola makan, gaya hidup sehat, makan buah-buahan seperti di atas serta tidur teratur jangan terlalu banyak begadang. Emang hidup kaya gini gak enak sih tapi kalo kita mau mencapai sesuatu yg besar ya harus ada pengorbanan dan ini adalah salah satu pengorbananya.

3 hari sebelum tes lab dimulai , gw inisiatif buat cek lab mandiri didaerah jogja. Disitu gw ngecek gula darah puasa, kolesterol total, HDL, LDL, Trigliserida dan Asam urat. Hasilnya semuanya normal cuman ada satu yg mengkhawatirkan yaitu HDL. HDL gw nilainya dibawah normal, dan saat itu gw langsung hubungin temen gw yg dokter dan gw berkonsultasi. Kata temen gw cara yang ampuh buat naikin HDL itu adalah dengan jogging dan makan kacang-kacangan seperti kacang panjang, kacang kedelai. Setelah beli kacang panjang dan kacang kedelai gw mutusin untuk jogging. Lumayan jauh waktu itu sekitar 4 KM.

Akhirnya hari H tiba, pas gw tes lab beneran agak pesimis sih sebenernya takut gak lolos lagi untuk yg ketiga kalinya. Alhamdulillah berkat doa dari orang tua dan keluarga serta support dari temen-temen semua akhirnya gw bisa lolos tes lab kali ini. Langsung sujud syukur dah gw asli.

Tes Interview HRD dan Psikolog

Dilanjutkan dengan wawancara akhir yang dilakukan oleh pihak Telkom yang mengawasi kita saat LGD tadi. Pertanyaan yang saya dapat cukup general dan tidak terlalu spesifik. Saran saya kalian harus belajar mengenai Telkom secara utuh, seperti contohnya berapa laba Telkom, total aset, total kredit, produk apa saja, visi dan misi, didirikan kapan, siapa direktur Telkom, apa penghargaan Telkom akhir-akhir ini. Hal ini bertujuan untuk menunjukkan ketertarikan atau keseriusan anda terhadap BRI. Selain itu kalian juga harus belajar mengenai dasar-dasar perbankan seperti fungsi bank, produk-produk perbankan, macam-macam bank, dan sebagainya. Pertanyaan yang saya dapat antara lain:

1.            Ceritakan tentang dirimu

2.            Ceritakan pengalaman kamu menghadapi tekanan

3.            Kenapa mau gabung Telkom

4.            Apa sudah tau jika ketrima akan ditempatkan di seluruh Indonesia? Apa sudah siap?

5.            Bagaimana menurut anda mengenai sebagian orang yang beranggapan bahwa bank adalah riba

Kira-kira wawancara akhir saya berlangsung 30-40 menit. Ingat, bicara jujur lebih baik, karena ketika kita mencoba untuk mengarang cerita maka kita akan kewalahan untuk meneruskan cerita tersebut

 

1.    -Jelaskan diri secara singkat

2.    Achievement terbaik kamu apa? Kok bisa kamu dihargai seperti itu?kontribusimu apa?

3.    -Ini kamu ada project project apa aja?

4.    -Pernah kena konflik ga selama kamu berorganisasi?seperti apa?gimana mengatasinya?

5.    -Kegiatan kamu banyak banget, gimana kamu bagi waktu?

6.    -Keluarga bagaimana?Selama ini kuliah gimana?

7.    -Selama nganggur ngapain aja?

8.    -Kamu punya usaha?kamu jadi apa?udah sejauh apa?

9.    -Rencana kamu selama 5 tahun kedepan apa?

10. -Kamu yakin Danone bakal sesuai sama rencana kamu?

11. -Ada rencana S2?

12. -Bersedia ditempatkan di luar Jawa atau enggak?

13. -Ada pertanyaan?.

Tes Interview User

. -Ga ditanya : tell me about yourself. tapi langsung ditembak ke CV, ditanyain mengenai lab simulasi proses, itu labnya pak Wahyudi bukan?ternyata user saya ini alumni UGM dan Teknik Kimia juga .-.

-Ceritain kerjaan di lab mana aja

-Pernah jadi pemimpin dimana?ceritain dong. Saya nyeritain waktu jadi sekjen Almustaqim, Koor Lab Komputasi sama wakil Lab Proses.

-Pernah ikut lomba lomba?apa aja pencapaian kamu?

-Ini kamu apa aja dicoba, banyak bener ini di CV kamu yang aneh aneh, sebenernya passion kamu apa si?

-Keluarga posisi dimana?berapa bersaudara?

-Mau ditempatin dimana?kalo di luar jawa mau?

-Ini di CV kamu pernah di bagian Human Resource , kamu gamau jadi HR po? Kamu juga bilang kamu suka interaksi dengan orang lain. (Saya jawab saya maunya jadi engineer, hehe.)

-Rencana kamu 5 taun kedepan apa?ga pengen S2?

– Perkenalan (Pake Bahasa inggris)

– Pengalaman kerja, Role, pengalaman kuliah

– Kenapa mau pindah ke Pertamina?

– Ini bahasa inggris kamu bagus, belajar dimana?

– Gaji kamu di Danone berapa?

– Yakin mau pindah? Kamu malah downgrade selama masa pendidikan ini.

– Kamu kalo di pertamina mau di posisi apa?

– Apa yang kamu ketahui tentang pertamina? Semalem udah belajar apa aja?

– Kamu mau nikah kapan (!) selama pendidikan ga boleh nikah lho.

– Keluarga kamu berapa bersaudara?

– Kamu kalo menghadapi orang yang lebih tua bagaimana?

– Siap di tempatkan di papua? Enakan di Danone lho, kalo saya jadi kamu saya milih Danone.

– Kamu punya usaha?

– Seberapa yakin kamu masuk Pertamina?

– CV nya buat sendiri atau dibuatkan? Saya minta ya.

Untuk yang MT 2018 ini, pihak PGN hanya mengirimkan emai kepada kandidat yang dinyatakan lolos saja (info yang saya dapat dari HR PGN), tapi bisa saja email masuk ke bagian spam atau folder lain bisa dicek, karena baik untuk Jogja based maupun Jakarta based semua hasilnya sudah keluar (untuk yang Jogja based di tanggal 2-3 Oktober ini sedang dilakukan proses LGD dan interview HR). CMIIW..

Tes METL

Sebelum tes dilaksanakan, peserta akan diberi kesempatan untuk memilih Digital Skill Matrix yang sesuai. Selain itu, tahapan ini tidak wajib untuk dilalui oleh semua job role, sebab hanya peserta yang mengambil job role di lingkup Digital Service dan Digital Platform saja yang diutamakan untuk mengikuti seleksi ini. Bentuk soal berbeda-beda dengan menyesuaikan job role yang teman-teman pilih. Soal yang harus peserta kerjakan dalam tes ini disajikan dalam bahasa Inggris dan beberapa masih terdapat soal-soal yang berkaitan dengan komputasi numerik..

Tes Case Study

Untuk peserta yang memilih job role yang berkaitan dengan bidang Digital Service, terdapat seleksi tambahan berupa pengerjaan Case Study dan Interview User. Pada tahapan ini, peserta akan diberikan sebuah case untuk diselesaikan oleh peserta menggunakan metode yang sesuai dengan job role yang peserta pilih. Bentuk report yang peserta submit dapat dikreasikan sebebas mungkin dan nantinya solusi dari hasil pengerjaan case ini akan dipresentasikan dan diuji melalui interview tambahan dengan User. Durasi pengerjaan case study yang diberikan oleh Telkom adalah 24 jam. Sedangkan, durasi interview yang akan peserta jalani dengan User adalah selama kurang lebih 2 jam

Gaji

Gaji yang ditawarkan oleh Telkom untuk GPTP Telkom Nasional S1 tergantung penempatan berkisar di range Rp 4.520.000,00 – Rp 6.120.000,00  untuk GP .Tahun 2017 temen saya penempatan di Surabaya mendapat adalah Rp 5.120.000,00 – THP ,GP Rp 4.320.000,00 dan untuk S2 adalah Rp 7.700.000,00 – THP ,GP Rp 6.120.000,00  + THR 1.5x gaji + Uang cuti 1x gaji + bonus tahunan (2-5x gaji, tergantung prestasi). Masa training 6 bulan.

Bonus

Anda dapat pulsa kartu Halo sebesar Rp. 500.000,- , asuransi kesehatan dan makan siang

 

Pengalaman Pribadi


Post a Comment for "Pengalaman Seleksi GPTP Telkom dan Informasi Gaji"