Search Suggest

5 Jurusan Kuliah Yang Cocok Untuk Polisi dan Alasannya

Polisi Wanita

teknobanget.com - Pendidikan menjadi kebutuhan dasar manusia agar bisa lebih berkembangan dengan baik dari sisi pemikiran dan problem solving. Pendidikan menjadikan manusia mengembangkan potensi berfikirnya, sehingga memiliki daya nalar yang bagus. Cara befikir yang benar inilah yang bisa digunakan untuk menganalisa setiap fenomena yang ada dalam kehidupan kita. Banyak sekali catatan-catatan yang bisa kamu pahami dalam seputar dunia pendidikan. 

Keinginan untuk kuliah tentunya bisa hadir dalam setiap pandangan siapa saja. Misalnya, bisa hadir dalam diri seorang yang sudah bekerja. Dalam pembahasan ini seperti misalnya polisi yang juga bisa melanjutkan pendidikannya di sebuah universitas. Banyak sekali jurusan-jurusan yang bisa dipilih oleh polisi. Apa itu jurusan kuliah yang cocok untuk polisi, nanti kita akan bahas dalam uraian-uraian di bawah. 

Banyak sekali kampus di Indonesia yang menerapkan model pembelajaran regular dan non regular. Ini menjadi catatan tersendiri bagi setiap orang yang ingin melanjutkan perkuliahan. Jalur pendidikan regular, tentunya sering diikuti oleh para mahasiswa yang masih free atau belum bekerja. Model pendidikan regular ini banyak di tempuh oleh siswa tamatan SMA/SMK dan sederajat. Jalur non regular ialah biasanya banyak ditempuh oleh mereka yang sudah bekerja. 

Jadi, kamu yang hendak kuliah tetapi sudah bekerja maka bisa mendaftar pada jalur non regular. Masalahnya adalah tidak semua kampus membuka jalur non regular. Maka dibutuhkan update informasi seputar kampus yang menyediakan jalur ini. Tentunya, dari jalur-jalur yang ada kamu bisa memilih jurusan kuliah yang cocok untuk polisi. Berbagai macam jurusan bisa kamu pilih. Jika ingin berstatus sebagai polisi maka ada jurusan kuliah yang sangat cocok untuk kamu masuki. 

Jurusan Apa yang Cocok Diambil oleh Polisi yang Ingin Kuliah? 

1. Jurusan Kedokteran Gigi

Sebagai peminat masuk ke dalam tubuh polri, kamu bisa mengambil kulian pada jurusan dojter gigi. Jurusan ini sangat dibutuhkan dan bisa bekerja di rumah sakit bayangkara. Jurusan dokter gigi akan memiliki tugas untuk memeriksa Kesehatan calon anggota dan anggota. Kamu bisa masuk di beberapa universitas kedokteran yang ada di Indonesia. Tentunya kamu bisa mengambil konsentrasi jurusan dokter gigi. Usahakan IPK kelulusan di atas 3.00 dan ini menjadi posisi yang aman ketika hendak mendaftar di instansi kepolisian. 

2. Jurusan Kedokteran Umum (S1)

Bagi kamu yang berprofesi sebagai polisi bisa juga mengambil jurusan kedokteran. Alasan ini tentunya sangat lah tepat, karena saat kamu ahli dalam bidang kedokteran, maka akan bisa ditempatkan di rumah sakit bayangkara. Kamu bisa menjadi ahli forensik saat ada kejahatan criminal berupa pembunuhan dan sejenisnya. Profesi kedokteran menjadi pilihan yang tepat saat Kamu sebagai polisi ingin melanjutkan kuliah. 

3. Jurusan Psikologi (S1)

Jurusan psikologi menjadi jurusan kuliah yang cocok untuk polisi, dan kini banyak diminati banyak siswa. Sebagai seorang polisi akan sangat bagus ketika memasuki jurusan ini. Fungsinya akan sangat banyak, yakni ketika dihadapkan dengan kriminalitas yang kita dituntut untuk mengetahui kondisi psikologi pelaku, maka kamu akan bisa menggunakan ilmu ini untuk membaca psikologi pelaku. Jurusan psikologi juga bermanfaat untuk ditugaskan sebagai tim seleksi anggota baru kepolisian. Dimana ilmu ini sangat bermanfaat untuk membaca kondisi psikologi pendaftar. Maka kamu yang akan mengambil jurusan ini tanpa ragu-ragu bisa langsung mendaftar, dikarenakan jurusan ini ilmu akan sangat bermanfaat bagi dunia kepolisian.

4. Jurusan Biologi (S1)

Kamu yang memiliki keahlian ilmu pengetahuan alam tentunya bisa meneruskan di bangku perguruan tinggi bisa mengambil program yang serupa. Sebagai seorang lulusan biologi maka kamu akan mudah untuk melanjutkan pada pekerjaan polri. Ijazah S1 setelah nanti lulus bisa kamu manfaatkan untuk mendaftar di Lembaga kepolisian. Ini menjadi informasi yang bermanfaat bagi pada sarjana biologi. 

5. Jurusan Teknik Penerbangan (S1)

Kamu yang ingin kuliah sembari nantinya menjalani hari-hari menjadi seorang polisi adalah mengambil S1 teknik penerbangan. Jurusan ini sangat lah penting bagi kamu yang hendak memasuki kepolisian. Dunia kepolisian tidak jauh dengan penerbangan, dimana saat kamu memiliki skill ini, maka akan sangat dibutuhkan. 


Sebetulnya masih banyak sekali jurusan-jurusan yang lain dan bisa diambil oleh seorang polisi. Misalnya adalah jurusan system informasi, jurusan Teknik informatika (jaringan), jurusan ilmu forensik, jurusan komunikasi, jurusan desain grafis dan masih banyak lagi jurusan menarik lainnya yang bermanfaat bagi profesi sebagai seorang polisi. Kamu tidak perlu khawatir karena jurusan tersebut masih berhubungan dengan pekerjaan sehari-hari. 

Alasan Mengapa Polisi Harus Terus Mengembangkan Dirinya dengan Pengetahuan 

Dunia yang semakin berkembang dituntut untuk menjadikan dunia kepolisian semakin beradaptasi dengan zaman. Belum lagi jika kita berbicara tentang perkembangan teknologi informasi dan lainnya. Dunia kepolisian juga harus beradaptasi dengan baik agar pelayanan yang diberikan atau penindakan dapat berbasis teknologi. Kamu akan sangat dibutuhkan ketika mengambil jurusan yang berhubungan dengan teknologi kekinian. 

Sehingga teknologi inilah bisa memudahkan polisi dalam bekerja. Tidak ada salahnya mengambil jurusan ilmu teknik informatika dan desain komunikasi visual bagi seorang polisi. Kriminal yang berbasis teknologi bisa diatasi dengan sangat mudah. Jadi banyak sekali jurusan perkuliahan yang bisa dipilih sebagai alternatif polisi untuk mengembangkan dirinya. 

Banyak alternatf tempat kuliah yang bisa dipilih oleh seorang yang ingin menjadi polisi. Beberapa jurusan di atas bisa menjadi pilihan saat hendak mengambil jurusan kuliah dan berniat ingin menjadi polisi kedepannya. Demikian, semoga informasi ini bermanfaat bagi para pembaca.

Post a Comment